Pemkab Bolsel Gelar Bimtek untuk Panitia Pilsang, Sangadi dan BPD

BOLSEL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Bimbingan Tehnis (Bimtek) penguatan dan kesiapan kepada panitia pemilihan Sangadi (Pilsang), para Sangadi dan BPD, di 38 desa se- Bolsel.

Kegiatan bimtek tersebut di laksanakan di Kantor bupati Lt.3 perkantoran panango, Rabu 09 Maret 2022.

Bimtek tersebut dibuka oleh Bupati H. Iskandar Kamaru S.Pt yang diwakili Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Alsyafri U Kadullah.

Dalam sambutannya, Alsyafri Kadullah mengingatkan kepada panitia pemilihan Sangadi, bahwa tugas dari Panitia bukan hanya menyelenggarakan Pilsang.

Namun juga berkewajiban menjaga kondisi yang kondusif aman dan terkendali dan harus mengacu pada peraturan yang berlaku.

“Bukan hanya itu. berkewajiban memastikan pelaksanaan Pilsang tetap menerapkan protokol kesehatan. Karena masih dalam situasi pandemi covid-19,” kata Kadullah.

Begitu juga dengan BPD dan Sangadi, ia meminta bersikap  yang profesional, dan menjaga netralitas.

“Jangan sampai mengarah ke salah satu calon. Itu tidak baik dan merusak demokrasi,” ujarnya.

“Ini juga sebagaimana sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Sangadi,” sambung Kadullah.

Kadullah juga mengimbau, kepada Sangadi BPD dan panitia pilsang untuk menjaga bersama keamanan, ketertiban.

“Jangan Sampai hanya soal pilsang persatuan serta kekeluargaan akan terpecah. Karena persatuan dan kekeluargaan adalah kunci segala-galanya, apalagi kita akan menghadapi bulan suci rhamadan, mari sama sama menjaga diri terutama Kamtibmas di desa. Agar pelaksanaan pilsang serentak di tahun 2022 akan berjalan aman, tentram, dan kondusif ” ucap kadullah

Selain itu ia berpesan untuk semua panitia pilsang dapat melaksanakan tugas dengan benar. Ikuti prosedur yang berlaku, jangan menambah dan mengurangi.  Kedepankan asas netralitas dan selalu menjunjung tinggi kejujuran.

“Semoga Pilsang Serentak Tahun 2022 berjalan dengan sukses tidak menemukan kendala apapun,” pungkas Kadullah.

Turut hadir Kepala Dinas PMD Ramli Abdul Madjid SPd, Kabag Hukum Setda Kadek Wijayanto SH, para Camat, para Sangadi, Ketua BPD dan Panitia yang akan melaksanakan Pilsang.

(Wawan Dentaw)

Komentar