Pemkab Bolsel Bakal Terapkan Program Kemaritiman Untuk Pelajar

BolmongNews.com, Bolsel–Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) berencana menerapkan kurikulum kemaritiman untuk pelajar.

Penerapan program ini merupakan tindak lanjut hasil audiens Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid bersama Deputi IV Kemenko Bidang Kemaritiman terkait implementasi kurikulum kemaritiman, yang dilaksanakan diruang Rapat Kemenko Kemaritiman, Jumat (26/07).

Asdep Dr TB. Haeru Rahayu, menyampaikan bahwa untuk mencapai tujuan nasional pemerintah telah merencanakan pembangunan indonesia menjadi poros maritim dunia sebagaimana yang tertuang dalam nawacita.

“Untuk itu kami bersama kementrian Dikbud telah mengembangkan kurikulum kemaritiman sejak tahun 2017 dan saat ini telah dilaksanakan implementasi kurikulum kemaritiman (Pilot Project) dibeberapa daerah,” ujarnya.

Ia menjelaskan,  kurikulum kemaritiman tidak semata menanamkan spirit budaya maritim.

“Tetapi hal-hal terkait lain seperti perubahan iklim, tanggap bencana hingga penanganan isu sampah,” jelasnya.

Sementara itu, Wabup mewakili Bupati Bolsel menyampaikan, kabupaten Bolsel dengan garis pantai 297 KM, sebagian besar merupakan nelayan.  Yang berarti sebagian besar pelajar adalah anak nelayan.

“Namun kurikulum yang diajarkan selama ini kurang mengenalkan anak kepada dunia kemaritiman. Untuk itu pemerintah daerah merasa perlu untuk segera menerapkan program kemaritiman di Bolsel,” kata Wabup.

Wabup menegaskan, program ini untuk penguatan karakter pemuda dan pelajar demi memperkuat jati diri sebagai bangsa maritim.

“Dengan adanya kurikulum ini juga diharapkan dapat mengenalkan pelajar secara dini terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana dan penanganan sampah di daerah kita,” pungkasnya.

Dinformasikan, Wabup bersama rombongan diterima langsung oleh Dr. TB. Haeru Rahayu, A.PI, MSc selaku Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan Kemenko Bidang Maritim bersama para Pejabat dilingkup Kedeputian IV. (Wawan Dentaw)

Komentar