Bupati Iskandar Hadiri Upacara Adat Tulude

BOLSEL—Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru SPt menghadiri Upacara Adat Tulude yang digelar di Lapangan Desa Dumagin A, Kecamatan Pinolosian Timur pada Senin malam 31 Januari 2022.

Iskandar Kamaru dalam momen tersebut menyampaikan Kabupaten Bolsel memiliki kekayaan etnis, suku dan budaya yang salah satunya adalah upacara adat Tulude.

Upacara ini merupakan acara sakral yang dilakukan sebagai wujud ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Meninggalkan hal-hal yang buruk di tahun sebelumnya dan menyongsong harapan baru di depan.

“Olehnya,  mari rubah pola pikir dan tingkah laku yang tidak baik di masa lalu untuk menjadi lebih baik ke depannya,” ajak Iskandar

Ia menambahkan, kepada semua pihak mari bersama sama memaknai perayaan ini sebagai wahana kebersamaan dan persaudaraan dalam komunitas yang utuh.

“Yang nantinya akan mengisyaratkan bahwa kita semua ini merupakan suatu kesatuan masyarakat Bolsel yang cinta persatuan, yang sangat menjunjung tinggi nilai toleransi dan nilai luhur budaya daerah.” Tandas Iskandar

Sebelumnya, pada sore hari, Senin 31 Januari 2022 Iskandar Kamaru bersama Wakil Bupati  (Wabup) Deddy Abdul Hamid terlebih dulu menghadiri acara Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim) yang dilaksanakan di Kantor Camat Pinolosian Timur di Desa Dumagin B. Kemudian di lanjutkan acara Tulude pada malam hari.

Turut hadir dalam acara adat tulude tersebut Sekertaris Daerah Marzanzius A. Ohy SSTP, MAP, para Asisten Sekda, pimpinan PD, Camat dan para Sangadi se-Kecamatan Pinolosian Timur, tokoh adat dan tokoh agama serta masyarakat setempat.

(Wawan Dentaw)

 

Komentar