Bupati dan Wabup Bolsel Terima Kunjungan Tim Satgas KPK

BNews, BOLSEL — Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, menerima kunjungan tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah IV.

Kunjungan KPK dalam rangka kegiatan Piloting Progres Pemberantasan Korupsi (Korsupgah) pada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Tim Satgas KPK ini diterima Bupati dan Wabup di ruang rapat Berkah Kantor Bupati, Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, Selasa (11/7/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Iskandar menjelaskan capaian serta progres kegiatan Korsupgah di lingkungan Pemkab Bolsel.

“Ada beberapa area yaitu, hingga akhir semester 1 TA 2023 jumlah total Korsupgah adalah sebesar 28,1% dan pada Desa TA 2023 sebesar 33,3% di mana hasil ini juga masih menunggu diverifikasi oleh Kementerian Dalam Negeri,” tutur Iskandar.

Iskandar juga mengapresiasi kunjungan tim satgas KPK wilayah lV ini.

“Apresiasi yang luar biasa atas kunjungan Tim satgas KPK wilayah IV,” ucapanya.

Iskandar pun berharap program yang diinisiasi KPK ini, dapat menjadi langkah preventif bagi para pemangku kepentingan di daerah dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara jujur dan bertanggung jawab.

Sementara itu, Kepala Satgas Wilayah lV Divisi Koordinasi dan Supervisi KPK, Wahyudi, mengatakan bahwa kunjungan ini adalah terkait evaluasi, koordinasi, serta menilai potensi-potensi yang beresiko menimbulkan kerugian negara.

“Sehingga dapat diambil langkah-langkah antisipatif dan preventif,” katanya.

Wahyudi mengatakan, hal itu juga adalah tugas yang dijalankan sesuai petunjuk pimpinan KPK.

“Jadi jangan dimaknai lain,” tutur Wahyudi.

Dia mengungkapkan, kunjungan KPK ke daerah selalu dianggap sebagai kegiatan penindakan.

“MCP yang kami gagas ada 8 area yang menjadi tanggung jawab KPK di daerah,” ujarnya.

“Diantaranya Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Penguatan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pendapatan Daerah, Keuangan Desa, Manajemen Aset Daerah, serta Tematik,” sambungnya.

Di sisi lain, dia juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bolsel yang telah menerima kunjungannya itu dengan baik.

“Ahamdulillah kami diterima dengan baik. Tentu kami sangat mengapresiasi progres MCP atau Korsupgah yang terus konsisten dijalankan oleh Pemerintah Daerah Bolmong Selatan,” pungkas Wahyudi.

Reporter: Wawan Dentaw

Komentar