Bupati Bolsel Bersama Ketua PKK Bolsel Sosialisasi Perbub No 26 Tahun 2020 Tentang Peran Desa dalam Penanganan Stunting

BOLSEL–Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru didampingi Ketua TP-PKK Bolsel Selpian Kamaru-Manoppo membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Peran Desa dalam Pencegahan Stunting.

Kegiatan Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) untuk penggerak PKK Desa diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Balai Desa Popodu pada Kamis (02/09).

Bupati H. Iskandar Kamaru SPt menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam Penanganan stunting. Salah satunya adalah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 tentang peran desa dalam pencegahan stunting.

“Salah satu prioritas dana desa adalah pencegahan stunting. Sehingga pemerintah desa harus mengalokasikan dari dana desa, untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi dan mencegah stunting di desa,” kata Iskandar.

Bupati juga berharap agar program kegiatan PKK dapat diintegrasikan dengan program kegiatan pemerintah desa dalam P
pencegahan dan penanganan stunting.

“KPM juga turut serta memfasilitasi pelaksanaan pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa,” ucapnya.

“PMD sebagai Penanggungjawab dalam membina KPM melalui pemerintah desa,” terangnya.

Lebih lanjut, Bupati meminta agar kegiatan ini terlaksana dengan lancar, terbangun kerjasama, koordinasi dan kemitraan yang baik antara pemerintah daerah, pemerintah desa, PKK dan KPM.

Apresiasi yang baik terhadap pelaksanaan kegiatan ini yang sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memperhatikan asupan gizi kepada bayi untuk pencegahan Stunting.

“Kepada semua pihak agar pelaksanaan program pencegahan dan penanganan Stunting harus terlaksana dengan baik serta tepat sasaran sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan,” tutupnya

Turut hadir Asisten I Ramli Abdul Madjid, Kepala PD, Camat dan Sangadi, TP-PKK, KPM Kecamatan Bolaang Uki dan Helumo.

(Wawan Dentaw)

 

Komentar