Sekda Bolmong Tinjau Budidaya Ikan dengan Sistem Bioflok

BOLMONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang, meninjau tempat budidaya ikan dengan sistem bioflok yang dikelola Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah, Rabu (19/5).

“Teknologi budidaya ikan ini bisa meningkatkan hasil PAD di instansi tekait, masa panennya lebih singkat,” kata Tahlis.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Bolmong Parman Ginano mengatakan, secara teknis, dalam sistem bioflok itu ada pemilihan ikan.

“Jadi yang masih kecil, yakni larva kita pindahkan ke kolam bioflok sampai ukuran 1 cm baru kita pindahkan lagi,” ujarnya.

Begitu juga dengan indukan, dipisahkan antara jantan dan betina. “Setelah siap bertelur baru dipindahkan ke kolam yang memiliki jaring,” terangnya.

Parman berharap, dengan menggunakan sistem bioflok nantinya ada peningkatan produksi. “Untuk saat ini ikan yang siap panen sebanyak 35 ribu ekor. Kedepan, kita targetkan bisa mencapai ratusan ribu sekali panen,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepal Dinas Pendidikan Renti Mokoginta, Kepala Inspektorat Rio Lombone, Plt Kadis Kominfo Jenli Mongilong, Kabag Umum Hendra Hamim, Camat Dumoga Tengah Irmansyah Makalalag, dan Sangadi Werdi Agung. (*)

Komentar