Raker Kesehatan Perdana, Bupati Limi Mokodompit Sampaikan Sejumlah Arahan dan Harapan

BNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Limi Mokodompit, menghadiri tatap muka bersama seluruh tenaga kesehatan se Bolaang Mogondow (Bolmong), di Balroom, Hotel Sutan Raja, Kotamobagu, Senin 12 September 2022.

Kegiatan ini, merupakan rapat kerja (Raker) perdana kesehata Penjabat Bupati Limi Mokodompit, bersama seluruh tenaga kesehatan se Bolmong, usai dilantik pada 22 Mei 2022.

Raker kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong ini, mengangkat tema “Wujudkan Bolaang Mongondow Sehat melalui Vaksinasi dan Imunisasi lengkap, Mantapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Limi Mokodompit berharap, agar bidang kesehatan di Bolmong menjadi prioritas dan kedepannya semakin maju.

“Terutama dalam peningkatan pelayanan masyarakat,” kata Limi.

Bahkan, dirinya meminta, untuk penempatan tenaga medis dapat diatur sedemikian rupa, agar jangkauan pelayanan kepada masyarakat merapa. Terlebih cakupan wilayah Kabupaten Bolmong begitu luas.

“Atur managemen tenaga kesehatan agar bisa melayani masyarakat secara menyeluruh,” ujarnya.

Bupati, pun ikut berpesan kepada seluruh tenaga medis untuk dapat memiliki solidaritas dan ikatan yang kuat antar sesama.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bolmong ini, jika memiliki dua hal tersebut, maka kemajuan bidang kesehatan di kabupaten bolmong bisa maju dan berkembang.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Bupati Limi Mokodompit, ikut menyorot fasilitas yang ada di Puskesma hingga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang.

Ia menilai, ada beberapa fasilitas kesehatan yang harus menjadi perhatian Dinkes dan Direktur RSUD Datoe Binangkan. Karena ini untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Fasilitas kesehatan harus terus diperhatikan, agar supaya pelayanan prima kepada masyarakat,” terang Limi.

“Dan untuk soal anggaran, kedepan nanti kita akan pikirkan bersama-sama agar segala kebutuhan tenaga medis dapat terpenuhi, demi kesehatan yang lebih maksimal kepada masyarakat,” sambung Bupati.

Selain itu, Penjabat Bupati Limi Mokodompit, meminta agar Dinkes Bolmong di tahun depan, dapat menjadi perhatian untuk melihat kembali mana puskesmas-puskesmas yang masih kekurangan atau belum tersentuh, baik itu sarana prasarana.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinkes Bolmong Julin Papuling mengatakan, untuk bisa mencapai Bolmong Sehat, maka anak-anak perlu diberikan imunisasi lengkap serta masyarakat divaksin lengkap sampai dosis empat.

“Kita perlu memantapkan gerakan hidup sehat, agar bisa terhindar dari segala macam penyakit tentunya,” tandas Julin.

Diketahui, tenaga kesehatan dan non kesehatan di Kabupaten Bolmong berjumlah 1.289 orang. Itu terdiri dari tenaga ASN 751 orang, PTT 327 orang dan tenaga NSI 55 orang.

Turut hadir, Kepala Dinkes Provinsi Sulut dr Debbie K R Kalalo, Direktur dr Abdul Jabar Rijal Ontowirjo, Sekretaris Dinkes Bolmong Yusuf Detu, Kepala-Kepala Puskesmas dan seluruh tenaga kesehatan se Bolmong.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar