Imunisasi PCV Untuk Bayi Siap Diberikan Secara Gratis

BNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) canangkan Imunisasi Pneumococcal Cojugate Vaccines (PCV), Senin 12 September 2022.

Pencanangan itu, ditandai dengan vaksinasi kepada salah satu bayi yang turut disaksikan Penjabat Bupati Limi Mokodompit, usai membuka rapat kerja (Raker) kesehatan tingkat daerah yang digelar di Ballroom Hotel Sutan Raja, Kotamobagu.

Selain itu, turut juga menyaksikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Debbie K R Kalalo, Kepala Dinkes Bolmong Julin Papuling, Direktur RSUD Datoe Binangkang dr Abdul Jabar Rijal Ontowirjo dan Sekretaris Dinkes Bolmong Yusuf Detu.

Bupati Limi Mokodompit mengungkapkan, imunisasi PCV pada bayi ini, memegang peranan penting dalam mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Salah satunya adalah pneumonia.

“Vaksin merupakan bentuk pencegahan terhadap pneumonia yang paling sukses dan efektif,” ungkap Limi Mokodompit.

Bahkan, kata Bupati, dengan pemberian imunisasi yang disertai perbaikan standar hidup, seperti tersedianya air bersih, dapat menurunkan angka kematian global pada anak usia di bawah 5 tahun.

Adapun pemberian vaksin diprioritaskan dalam 2 tahun pertama usia anak, karena sistem imun masih tahap berkembang di usia tersebut.

“Sehingga ini, untuk mencegah pneumonia , bayi akan diberikan imunisasi PCV,” jelas Limi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Julin Paluling menambahkan, imunisasi ini sebelumnya memang sudah ada.

Namun, kata dia, belum masuk ke dalam program pemerintah. Tetapi, program imunisasi yang dicanangkan Pemkan Bolmong hari ini, dilakukan secara gratis untuk anak usia 2,3 dan 12 bulan, sebanyak 3 kali.

“Ini serentak dimulai pada 12 September 2022, dengan kategori usia anak mulai dari 2 bulan,” kata Julin.

“Selanjutnya, imunisasi gratis ini juga bisa langsung ke Posyandu, Puskesmas dan layanan kesehatan lainnya,” sambungnya.

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar