MAKN Fair 2022, Siswa Madrasah Aliyah Kejuruan Pamer Kreativitas

BNews, BOLMONG – Mewakili Penjabat Bupati Bolaang Mogondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, Asisten II Zainudin Paputungan berkesempatan hadir secara langsung pada acara launching produk para peserta didik Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Kabupaten Bolmong, Selasa 8 November 2022.

Kegiatan tersebut juga untuk mengenalkan ke masyarakat luas tentang MAKN Kabupaten Bolmong yang dimana para siswa-siswinya begitu kreativ dan mampu menghasilkan olahan produk yang bernilai.

Kegiatan yang digelar di halaman Gedung Workshop Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Kabupaten Bolmong, Lolak ini bernama MAKN Fair 2022.

“Saya memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada seluruh panitia atas pelaksanaan kegiatan MAKN Fair 2022 ini,” ucap Asisten II saat membacakan sambutan Bupati.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan wadah bagi sekolah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas, sekaligus mempromosikan berbagai kreativitas siswa-siswi yang ada di MAKN Lolak.

Apa lagi, Dunia Pendidikan saat ini sangat membutuhkan sinergitas gagasan, pikiran, akademisi bisnis dan goverment.

Karena, kata Asisten II, dimana tiga unsur tersebut dapat bersinergi. Maka berbagai produk anak bangsa khususnya SMK begitu berpeluang besar untuk dipakai, dihargai dan layak mendapatkan proteksi. Bahkan bisa diproduksi secara massal.

“Pada prinsipnya, kegiatan ini bertujuan meningkatkan motivasi para siswa-siswi dalam berkreativitas dalam pembuatan produk, sekaligus wujud dari kesiapan siswa untuk menjadi Entrepreneur di masa yang akan datang nanti,” ujar Bupati yang dibacakan Zainudin Paputungan.

Apa lagi kegiatan ini para siswa-siswi MAKN Bolmong kini telah mendapatkan pengalaman nyata sebagai calon pengusaha kedepan nanti.

“Mereka didik dari belajar merintis, membaca peluang usaha, merancang, memproduksi atau menambahkan nilai tertentu pada sebuah produk,” terang Zainudin.

“Bahkan produk olahan mereka ini dapat dijual secara massal, baik itu secara manual atau offline atau dan online,” sambungnya lagi.

Maka itu, Pemkab Bolmong sangat mendukung dan memberikan apresiasi kegiatan ini.

“Selain dapat melatih kemandirian siswa-siswi dalam menentukan jenis usaha yang akan digeluti, juga bisa membangun karakter penting dalam diri. Dan ini bisa dimiliki anak zaman sekarang,” ujarnya.

Selaku pemerintah tentu menaruh harapan besar kepada generasi muda yang akan datang.

“Saya berharap, kegiatan ini akan menghasilkan siswa-siswi berakhlak mulia, berkarakter baik dan bermental kuat,” harapnya.

Pelaksanaan kegiatan MAKN Fair 2022 ini, sebagai wujud sekolah dengan pemerintah daerah, MAKN Kabupaten Bolmong sendiri merupakan salah satu asset berharga dimiliki daerah.

“Tentu diharapkan mampu memberikan energi positif dalam upaya pengembangan berbagai inovasi, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreativ di Kabupaten Bolmong,” tandasnya.

Selanjutnya, Asisten II Zainudin Paputungan bersama Kepala OPD lainnya yang ikut didampingi Kepala Sekolah MAKN serta para Guru, ikut melihat secara langsung stan siswa-siswi yang menampilkan berbagai jenis olahan produk buatan sendri.

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar