Bupati Rakor Bersama Forkopimda, Bahas Percepatan Vaksinasi Hingga Periapan Nataru 2022

BOLMONG Bupati Bolmong bersama Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), gelar rapat koordinasi (Rakor) secara virtual, dengan seluruh Camat dan Sangadi se-Bolmong, Selasa (14/12).

Rapat koordinasi yang dipimpin langsung Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, terkait persiapan mengahadapi perayaan Hari Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022, di masa pandemi covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow meminta kepada seluruh Camat dan Sangadi, agar mempercepat vaksinasi covid-19, disetiap wilayah masing -masing.

“Saya akan memberikan penghargaan kepada desa atau Sangadi yang tingkat vaksinasinya sesuai dengan target,” ujar Bupati, di D’Talaga Resto.

Kemudian kata Bupati Yasti, perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah masing -masing.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Kabupaten Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu SH MH mengungkapkan, pada jelang Nataru ini, pihaknya siap akan mengerahkan anggotanya disetiap wilayah hukum Polres Bolmong.

Pada pengamanan Nataru nanti, pihaknya juga akan melibatkan semua intansi pemerintah daerah mulai dari, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan dan TRC BPBD Bolmong.

Disamping itu, Kapolres Bolmong juga meminta kepada masyarakat, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) covid-19, kendati perayaan Nataru ini akan dilakukan secara sederhana.

“Pandemi Covid-19 ini belum selesai. Jangan abaikan prokes,” pintanya.

Polres Bolmong juga akan bekerjasama dengan Puskesmas disetiap wilayah Kabupaten Bolmong, untuk memaksimalkan capaian vaksinasi dengan sistem door to door pada warga.

“Personil Polisi mendatangi setiap warga di rumah masing-masing dan langsung meminta untuk bisa ikut di vaksin dan bersyukur warga mau diajak vaksin,” terang Kapolres.

Sementara itu, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling berharap, agar para Camat dan Sangadi jelang Pilsang dari 96 desa, saat melaksanakan hajatan pesta demokrasi tingkat desa, untuk bisa menjaga netralitas, terlebih para Camat, Sangadi maupun panitia.

“Ini pasti akan menimbulkan gangguan keamanan jika pemerintah desa dan kecamatan sudah tidak netral lagi,” harap Welty.

“Jangan ada keberpihakan. Ingat saya sudah terima laporan warga,” tegasnya.

Selain itu, ia bersepakat bersama, agar masyarakat yang merayakan Nataru ini, dapat dilakukan dengan penuh sederhana, terlebih saat ini masih pandemi.

“Disetiap kesempatan saya minta para camat dan Sangadi untuk tetap ingatkan warga ikuti prokes covid-19, dengan selalu 5M, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tutup Welty.

Diketahui, rapat koordinasi Forkopimda hadir, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Kapolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu, Dandim, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Asisten I Deker Rompas, Kadis Kominfo Marief Mokodompit, Kadis Kesehatan Julin Papuling, Kadis PMD Abdussalam Bonde, Kadis Perkim Soehendra Hamim, Kadis Pol PP Zulfadli Binol, Kadis Perhubungan Sugih Arto Banteng dan Kaban Kesbangpol Cris Kamasaan.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar