Bupati Limi Mokodompit Serahkan Bantuan Sosial bagi KUBE dan Penyandang Disabilitas

BNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Ir Limi Mokodompit MM, menyerahkan bantuan sosial kepada 13 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan 16 penyandang Disabilitas, Selasa 11 Oktober 2022.

Penyerahan bantuan sosial tersebut berlangsung di pelataran Kantor Bupati Bolmong, Lolak, siang tadi dan ikut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, serta sejumlah Kepala OPD dan Sangadi.

Diketahui, bantuan sosial ini melalui Dinas Sosial (Dinsos) Bolmong yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022.

Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit saat menyampaikan sambutan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, di kegiatan penyerahan bantuan sosial, Selasa 11 Oktober 2022. (foto.Yudi Paputungan)

Adapun dari 13 KUBE penerima bantuan sosial yakni berupa alat pertukangan, mesin jahit, perbengkelan, alat masak, tabung gas LPJ dan lainnya.

Untuk 16 penyandang Disabilitas berupa bantuan alat bantu pendengaran dan kursi roda.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bolmong Limi Mokodompit memberikan apresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Dinsos Bolmong atas terlaksananya penyerahan bantuan sosial ini.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Bolaang Mongondow ini, penyerahan bantuan ini dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tampak Bupati Limi Mokodompit saat menyerahkan bantuan sosial kepada salah satu penyandang Disabilitas, di pelataran Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Senin 11 Oktober 2022. (foto.Yudi Paputungan)

Selain itu, lanjut Papa Fahmi (sapaan akrab Limi Mokodompit) dengan tujuan bisa menciptakan lapangan pekerjaan serta peluang berusaha bagi masyarakat.

Disamping itu, ini juga sebagai upaya meningkatkan kepedulian Pemkab Bolmong pada penyandang Disabilitas.

Penyerahan bantuan sosial oleh Pemkab Bolmong melalui Dinsos Bolmong, adalah merupakan agenda rutin yang melalui program perlindungan dan jaminan sosial, yang anggarannya bersumber dari APBD.

“Jadi APBD nya diserahkan dalam bentuk barang bagi kelompok usaha bersama dan penyandang Disabilitas,” sebutnya.

Tampak Bupati Limi Mokodompit saat menyapa dua kakak beradik penyandang Disabilitas. (foto. Yudi Paputungan)

Pada prinsipnya, kata Bupati Limi, bantuan KUBE diharapkan dapat menciptakan inovasi dan kreativitasnya dalam memenuhi kebutuhan dasar hidup manusia.

Kemudian, bagi penyandang Disabilitas, lanjut Bupati, dapat melaksanakan fungsi sosialnya sehingga mampu meningkatkan kualitas aksesibilitas atau aktivitas sehari-hari agar lebih mandiri dan mampu berkreasi.

Bahkan, kelompok penerima dan penyandang Disabilitas yang menerima bantuan ini, sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Bolaang Mongondow. Dan ini melalui beberapa mekanisme, sehingga dianggap layak dan telah memenuhi syarat sebagai penerima manfaat.

“Jadi penerima bantuan bersama ini, telah melalui hasil pelaksanaan Musrenbang tingkat desa, kecamatan dan kabupaten,” terangnya.

“Kemudian melalui pokok-pokok pikiran DPRD yang dituangkan dalam bentuk proposal dan disampaikan ke Dinas Sosial,” sambung Limi.

Momen foto bersama Bupati Bolaang Mongondow Limi Mokodompit didampingi Sekda Tahlis Gallang dan Kepala OPD bersama penyandang Disabilitas, di pelataran Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Selasa 11 Oktober 2022. (foto.Yudi Paputungan)

Limi menilai, semua ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat melalui pemberian modal usaha dengan tujua meningkatkan ketahanan sosial.

Di akhir sambutannya, Bupati Limi Mokodompit, pun berpesan, agar KUBE yang menerima bantuan diminta untuk dapat mempergunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, demi peningkatan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan anggota kelompok.

Selanjutnya, bantuan yang diterima agar dapat gunakan bersama-sama anggota kelompok sesuai dengan kesepakatan bersama.

Kemudian Bupati dengan tegas mengingatkan, agar kelompok penerima, untuk tidak menjual bantuan yang diterima, karena bisa berkonsekuensi hukum.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan pesan bagi penyandang Disabilitas yang menerima bantuan, untuk tetap dan terus semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, walaupun mempunyai keterbatasan. (Advetorial)

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar