Audit Rinci BPK RI, Pimpinan OPD Bolmong Diminta Pro Aktif

BOLMONG–Audit rinci terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai dilakukan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Rio Lombone, mengungkapkan, audit rinci oleh BPK RI perwakilan Sulawesi Utara, dimulai sejak setelah penyerahan LKPD.

“Audit rinci dimulai sejak setelah penyerahan LKPD, sampai 40 hari ke depan,” ungkapnya.

Rio meminta, agar semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pro aktif selama masa audit tersebut.

“OPD harus proaktif, jangan persulit kinerja BPK,” ujar Rio yang juga Plt Kepala Inspektorat Bolmong itu.

Untuk target opini dalam hasil pemeriksaan, Rio berharap lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Harapan tentunya ingin naik opini. Tapi kembali kepada semua OPD, untuk bekerja sama memperbaiki kualitas pertanggung jawaban,” tandasnya.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow beberapa waktu lalu mengatakan, pemerintah daerah sangat mengharapkan berbagai saran masukan dan koreksi dari BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, sebagai upaya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Untuk kami tindak lanjuti berdasarkan prinsip-prinsip yang akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar Bupati.

“Opini WTP tidak hanya menjadi predikat, namun lebih memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. Karena pengelolaan keuangan yang baik tentu membawa kemaslahatan bagi pemerintah dan juga masyarakat,” pungkas Bupati.

(Erwin Makalunsenge)

 

 

Komentar