Soal Efek Vaksin, dr Debby: Hanya Nafsu Makan Meningkat dan Mengantuk

BOLMONG—Program vaksinasi Covid-19 di seluruh daerah se Indonesia mulai dilaksanakan sejak bulan Februari 2021 lalu. Untuk Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), pada Jumat (6/3/2021) pekan kemarin, penyuntikan dosis kedua untuk tahap pertama pun sudah dilakukan.

Saat ini juga vaksin tahap kedua sebanyak 1000 dosis telah diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong dari Dinkes Provinsi Sulut. Dalam waktu dekat akan disuntikan kepada para penerima. Sasarannya para pelayan publik. Termasuk para jurnalis yang bertugas di daerah itu.

Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang Kabupaten Bolmong, dr Debby Kulo, pemberian vaksin dari dosis pertama hingga kedua, berjalan dengan baik.

Bahkan tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI) yang menimbulkan reaksi serius atau berdampak kurang baik bagi penerima.

“Selama ini untuk pelaksanaan vaksinasi berjalan aman. Baik di rumah sakit maupun Puskesmas, belum ada untuk kejadian KIPI yang berdampak serius,” ungkapnya.

Sebagai salah satu dokter yang telah divaksin, ia mengaku, efeknya hanya menyebabkan nafsu makan meningkat dan mengantuk.

“Kalau untuk kejadian yang lain belum ada laporan sampai sekarang ini,” katanya.

(Erwin Makalunsenge)

Komentar