Raih Juara 1 Kategori Perangkat Daerah, Kadis PRKP: SIPELITA Akan Diterapkan di Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU — Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kotamobagu, menjadi pemenang dalam lomba Innovative Government Award (IGA) 2023 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu.

IGA Kotamobagu tahun 2023 resmi ditutup oleh Asisten II Kotamobagu, Sitty Rafiqa Bora pada Senin (15/5/2023) kemarin.

Dalam kesempatan, Sitty Rafiqa Bora mengatakan, tujuan utama dilaksanakan lomba IGA adalah untuk pembaharuan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Para inovator mengadopsi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi untuk dapat diaplikasikan pada tatanan penyelenggaraan pemerintah daerah,” kata Rafiqa.

Lanjutnya, harapaan Pemkot Kotamobagu melalui IGA ini adalah dapat peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat dari waktu ke waktu.

“Pemkot Kotamobagu berharap melalui kegiatan IGA dapat mendorong tercapainya visi Pemkot Kota Kotamobagu sebagai tujuan pembangunan daerah yaitu Kotamobagu sebagai Kota jasa dan perdagangan berbasis kebudayaan lokal menuju masyarakat sejahtera dan berdaya saing,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PRKP, Chelsia Paputungan, menyampaikan ucapan terima kasih atas terpilihnya Sistem Pengendalian dan Pemantauan Alat Penerangan Jalan (SIPELITA) sebagai juara 1 kategori perangkat daerah.

“Pertama kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kotamobagu yang telah memberikan wadah untuk kami perangkat daerah berinovasi, selanjutnya terima kasih kepada para juri yang sudah memberikan masukan dan saran untuk kesempurnaan SIPELITA kedepannya,” kata Chelsia, Selasa (16/5/2023) kepada media Bolmong.news.

Terkait dengan agenda SIPELITA kedepannya, Chelsia mengatakan akan di terapkan di daerah Kota Kotamobagu.

“Sebelumnya kami sudah membuat beberapa contoh miniatur di Kotamobagu, dan ini sangat efektif. Dari segi pelayanan penerangan jalan umum ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, manfaat lain dari SIPELITA adalah dari sisi penganggaran.

“Operasional penganggaran atau penekanan penganggaran, serta pembiayaan lainnya yang kami tekan sehingga penganggaran untuk penerangan jalan umum akan sesuai dengan yang diharapkan,” terangnya.

“Kami berharap Pemkot Kotamobagu kedepannya terus mendukung inovasi yang kami gagas ini,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar