Nayodo Koerniawan Ikut Rakor Bahas Dana Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

BNews, KOTAMOBAGU – Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, hadiri Rapat koordinasi (Rakor) terkait  pengelolaan keuangan untuk pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) dan sinkronisasi dukungan anggaran hibah Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun  2024.

Rakor  yang digelar secara virtual itu, diikuti seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah beserta Tim anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) se- Sulawesi Utara, Rabu (8/3/2023).

“Rakor ini dilaksanakan dalam rangka koordinasi terkait aturan dan pedoman pengelolaan dana hibah anggaran atau barang yang bersumber dari APBD terhadap Bawaslu. Dengan dukungan anggaran ini, diharapkan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Nayodo.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda)  Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, menuturkan Rakor tersebut membahas terkait dana hibah yang akan dianggarkan oleh kabupaten dan kota dalam pelaksanaan pengawasan Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

“Jadi kita diberikan untuk mengalokasikan 40 persen di tahun 2023 dan 60 persen di tahun 2024,” ujar Sofyan.

Sekda  menambahkan bagi daerah yang belum mengalokasikan maka dapat merubah perkara penjabaran APBD atau biasa disebut pergeseran.

“Alokasikan pergeseran nanti akan diperdakan dalam APBD perubahan karena itu teknisnya, pada prinsipnya Pemkot Kotamobagu siap mendukung dan siap mengalokasikan dana tersebut,” pungkasnya.

Reporter: Miranty Manangin

 

Komentar