Bupati Hadiri Musrenbang Kecamatan Posigadan

BOLSEL—Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), H Iskandar Kamaru didampingi  Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy, menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Posigadan, bertempat di Lapangan Futsal SMP N Momalia, Rabu (03/2/2021)

Bupati dalam sambutannya mengatakan,  hasil Musrenbang  2019 yang telah tertata pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020, mengalami refocusing anggaran untuk penanganan  pandemi Covid 19.

Kamaru menuturkan dengan adanya Musrembang Kabupaten yang dilaksanakan terakhir di Kecamatan Posigadan, sudah melalui musawarah awal (ranwal). Dimana, untuk melengkapi semua itu harus melalui musawarah Desa (Musdes). Kemudian musawarah kecamatan sampai di tingkat kabupaten dan di tetapkan sebagai RKPD Kabupaten, dan di jalankan sesuai dengan keuangan daerah.

“Kemudian disepakati menjadi kua PPAS setelah itu menjadi RAPBD Tahun anggaran 2022. Untuk hasil Musrenbang 2019 ditata pada APBD tahun 2021,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan, dalam penyampaian usulan ada yang namanya dari bawa ke atas,  juga dari atas kebawa yang tertuang langsung dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.

“11 usulan program yang menjadi prioritas kedepan selama 5 tahun. Yakni, peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, kesehatan, sektor pertanian, UMKM, perikanan dan kelautan, pariwisata, infrastruktur, sosial, lingkungan hidup, ketahanan pangan, dan tata kelola pemerintahan,” jelasnya.

Menurut Bupati dalam pengusulan program harus selaras dan sesuai aturan.  “Tahun ini APBDes tidak lagi pembangunan fisik langsung kepada padat karya tunai dan swakelola sesuai permendes  No 13 Tahun  2020. Sehingga masyarakat dan semua stacholder terkait, ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan skala desa untuk memulihkan ekonomi kerakyatan, yang menjadi program kedepan,” kata Bupati.

Tampak peserta Musrenbang Kecamatan Posigadan.

“Melalui musrenbang tingkat Kecamatan Posigadan ini, diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Bolsel, khususnya yang ada di Kecamatan Posigadan,” tandasnya.

Diinformasikan, usai Musrembang, Bupati  bersama rombongan langsung menunju tapal batas Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo yang terletak di Kabupaten Bolsel, dalam rangka peninjauan perbaikan tapal batas yang direncanakan akan diperbaiki dalam waktu dekat ini.

Turut Hadir dalam Musrembang kecamatan Assisten I dan II, Staf Ahli, Kadis, Kepala Badan, Ketua Komisi II DPRD Zulkarnain Kamaru, Wakil Ketua Dewan Hartati Badu, Anggota DPRD Jelfi Djauhari, Robin Pakaya serta  BPD, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat Serta Sangadi.

(Wawan Dentaw)

Komentar