Bupati dan Wabup Boltim Ikuti Rakorev Penyampaian Hasil Pilkada dan Pengarahan Presiden RI

BOLTIM—Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto dan Wakil Bupati Oskar Manoppo menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi (Rakorev) Penyampaian Hasil Akhir Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan mendengarkan penyampaian arahan Presiden RI, Joko Widodo via virtual, Senin (17/5).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Mapalus, Kantor Gubernur itu, dihadiri Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, serta diikuti para bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota se-Sulut.

Rakor evaluasi dan penyampaian hasil akhir pengawasan pilkada tahun 2020 itu, menindaklanjuti surat Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara Nomor: 111/PM.01.01/K.SA/V/2021

Kegiatan tersebut merupakan pelaporan Kepala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kepada Gubernur tentang pelaksanaan Pilkada di Provinsi Sulawesi Utara yang berlangsung pada Tahun 2020 sekaligus mengevaluasi kegiatan pemilu dalam rangka menyusun rencana pilkada di Tahun 2023.

Dalam Rakorev tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bersama Forkopimda menerima penghargaan dari Bawaslu RI karena telah bersama-sama bersinergi sehingga dalam pandemi Covid-19, Pilkada di Sulut berjalan baik dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 78 persen.

Usai kegiatan itu, dilanjutkan dengan Rakor Kepala Daerah se-Indonesia secara virtual mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo. Dalam arahannya, Presiden menekankan soal kewaspadaan menghadapi potensi jumlah kasus positif Covid-19 pasca libur panjang pekan lalu. Selain itu, Presiden juga meminta kerja sama semua kepala daerah termasuk Forkopimda agar pada kuartal kedua Tahun 2021 pertumbuhan ekonomi di tujuh persen. Untuk diketahui, pada kuartal pertama ini hanya ada 10 provinsi yang pertumbuhan ekonominya positif, salah satunya adalah Sulawesi Utara.

Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, usai mengikuti rakor tersebut mengatakan, pelaksanaan Pilkada 2020 khususnya di Kabupaten Boltim berjalan aman dan lancar. Bupati juga mengapresiasi kinerja TNI-Polri, Bawaslu dan KPU beserta jajarannya yang telah sukses menyelenggarakan Pilkada serentak.

“Pilkada serentak khususnya di Kabupaten Boltim berjalan aman dan lancar. Meski di tengah pandemi Covid-19, namun pelaksanaan semua tahapan berjalan baik, dan tentu sesuai protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan,” ujar Bupati.

(*/Fichi)

 

Komentar