Beasiswa Anak Asuh Pemkot Kotamobagu, Kusnadi: Akan Dilakukan Verifikasi Lapangan

BNews, KOTAMOBAGU – Program bantuan beasiswa anak asuh untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu Tahun 2023 masuk tahap verifikasi data penerima.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu mulai Sekretaris Disdik, Kusnadi Pobela, penerima bantuan anak asuh tahun ini sebanyak 2900 penerima.

Anggaran beasiswa tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023.

“Dua tahun terakhir ini Disdik Kotamobagu mengelola bantuan beasiswa anak asuh khusus SD dan SMP yang ada di 18 Kelurahan se Kota Kotamobagu,” ujar Kusnadi kepada media bolmong.news, Jumat (11/8/2023).

Lanjutnya, bantuan anak asuh jenjang SD dan SMP dalam tahap proses verifikasi sistem dapodik.

“Acuan kami melakukan verifikasi ini berdasarkan data penerima pada tahun 2022, nantinya penerima yang sudah lulus SD dan SMP akan diverifikasi kembali, setelah itu Dinas Pendidikan akan mengundang para lurah untuk menyampaikan hasil verifikasi data penerima,” jelasnya.

“Setelah dilakukan verifikasi melalui sistem dapodik, akan dilakukan verifikasi lapangan guna mengetahui apakah penerima sebelumnya masih layak menerima tahun ini, kemudian untuk anak-anak yang sudah pindah sekolah akan dilakukan evaluasi apakah tahun ini masih bisa menjadi penerima beasiswa anak asuh,” tambahnya.

Kusnadi membeberkan total penerima bantuan anak asuh tahun 2023 sebanyak 2900 pelajar, yang terbagi SD 1900 pelajar dan SMP 1000 pelajar.

“Nominal bantuan yang diterima pelajar SD sebesar Rp1.000.000 dan SMP sebesar Rp1.500.000 yang akan diberikan pada akhir tahun,” pungkasnya.

Sementara itu, Friska Bambuena salah satu orang tua siswa penerima bantuan beasiswa anak asuh di Kelurahan Upai mengatakan, sangat terbantu dengan adanya program anak asuh Pemerintah Kota Kotamobagu.

“Alhamdulilah, saya sebagai orang tua siswa merasa sangat terbantu dengan adanya program beasiswa anak asuh ini, harapannya program beasiswa ini masih akan terus berlanjut,” tuturnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar