Musi Rawas Dilanda Banjir! Masyarakat Harapkan Bantuan, Sekda: Tim Langsung Turun Lapangan

BNews, MUSI RAWAS – Hujan lebat sejak beberapa hari belakangan ini mengguyur wilayah Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), menyebabkan sungai-sungai besar meluap hingga masuk ke pemukiman warga.

Akibatnya, ratusan rumah dan sejumlah fasilitas desa terendam banjir. Ketinggian air bervariatif antara 50 hingga 150 cm pada Sabtu (11/3/2023).

Dengan adanya bencana banjir ini bantuan Pemerintah sangat dibutuhkan warga.

Bustomi salah satu  warga Desa Bingin Jungut mengatakan,  sampai hari ini air terus naik, rumah-rumah hampir semuanya terdampak banjir.

“Dengan adanya banjir ini kami masyarakat desa Bingin Jungut tidak bisa bekerja karena jalan lumpuh total dan kami selalu menjaga ketat harta benda, takut hanyut terbawa air dan terendam,” ujarnya kepada bolmong.news, Minggu (12/3/2023).

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas segera memberikan bantuan kepada semua warga yang terdampak banjir tersebut.

“Sebab kami yang terdampak banjir tidak bisa bekerja mencari nafka, gimana kami ingin makan jika kami tidak bisa bekerja. Saya harap ada kebijakaan dari Pemerintah,” katanya.

Terpisah, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Musi Rawas,  Aidil Rusman saat dikonfirmasi menjelaskan, Camat bersama seluruh jajaran Organisasi Perang Daerah (OPD) serta TNI dan Polri telah turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan serta pemantauan.

“Tim gabungan dari Pemerintah Kaupaten bersama TNI dan Polri sudah turun lapangan mengambil langkah-langka evakuasi serta pemberian bantuan kepada masyarakat  yang terkena musibah,” kata Sekda.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas juga merespons cepat dengan mengirimkan tim bantuan penanggulangan banjir di Kecamatan BTS Ulu Cecar dan Muara Kelingi.

Di mana kata dia, BPBD juga telah menurunkan TRCnya untuk pengecekan dan pemberian bantuan tindakan penyelamatan.

Sedangkan Dinas Kesehatan menurunkan jajajaran tim kesehatan untuk bantuan kesehatan serta membuat posko kesehatan.

“Dinsos membuka posko TAGANA untuk mempersiapkan bantuan bahan pangan dan menerima bantuan sosial sukarela jika ada masyarakat yang ingin menyumbang untuk peduli banjir,” terangnya.

Sekda menambahkan, bantuan juga akan disalurkan besok dan Dinas PUBM menurunkan juga tim teknisnya untuk mengecek kondisi infrastruktur jalan serta jembatan.

Sementara Dinas PUCKTRP menurunkan tim teknisnya dan suplai kebutuhan air bersih.

“Dinas Kominfo selain pengecekan kelapangan, juga menghimbau masyarakat melaui media radio Darussalam untuk waspada terhadap bahaya banjir dan beberapa Camat bersama unsur tripika telah mengambil inisiatif memberikan bantuan bahan pangan untuk posko-posko desa,” pungkasnya.

Reporter: Umami Yanti

Editor: Wahyudy Paputungan

 

Komentar