Pemdes Wiau Lapi Sharing Pengembangan Wisata Air Terjun dengan BUMDes Desa Budo

BNews, MINSEL – Pemerintah Desa Wiau Lapi Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan kelompok pengelola Desa Wisata yang terdiri dari Pokdarwis, UMKM, dan TP-PKK mengadakan study banding ke Desa Wisata Budo Kecamatan Wori Minahasa Utara (Minut) Sabtu (11/3/2023).

Direktur BUMDes Desa Budo yang mengelola Desa Wisata menyambut dengan baik kedatangan dan tujuan dari Pokdarwis dan Pemerintah Desa Wiau Lapi.

Bertempat di salah satu tempat usaha warga (UMKM) , kegiatan study banding diisi dengan saling berbagi informasi, pengalaman tentang potensi wisata.

Dalam kesempatan tersebut, Hani Lorens Singa, membagi ilmu dan pengalamannya dalam mengelola bisnis yang diemban oleh Bumdes Sinar Usaha Budo.

“Kita harus bisa menangkap masalah sebagai potensi yang dapat dikembangkan, sehingga kedepan dapat semakin berkembang,” katanya.

Lanjutnya, dalam membangun bisnis dibutuhkan sebuah kerjsama dan harus memiliki rasa optimisme yang tinggi.

“Harus ada magnet yang cukup besar untuk dapat menarik orang agar mau datang berkunjung, semisal spot-spot dan tentunya penyediaan Home Stay Toilet, dan kawasan parkir yang cukup memadai, serta tempat-tempat untuk dijadikan tempat usaha makanan atau jajanan,” terangnya.

Hani Lorens Singa selaku direktur BumDes Sinar Usaha Budo juga menjelaskan bahwa dengan pengelolaan yang baik, nantinya BumDes dapat memberikan kontribusi kepada pendapatan asli desa yang cukup banyak.

“Tentunya pemberdayaan masyakat juga dapat dirasakan langsung dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, untuk desa budo PAD nya sebagian besar bersumber dari keuntungan Bumdes yang rata-rata per-bulannya mencapai Rp. 50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah), jelas Hani.

Ditambahkannya, penting juga untuk memperkenalkan kearifan lokal.

“Keraifan lokal yang ada di wilayah kita juga menjadi pendukung dan ini perlu kita perkenalkan atau promosikan,”  pungkasnya.

Sementara, Ferry Kumendong selaku Hukum Tua Desa Wiau Lapi merasa  bangga dengan perkembangan Desa Wisata Budo.

Semangat para pegiat Desa Wisata Budo untuk mengembangkan potensi wisata sangat baik dan kompak.

“Saya juga minta untuk terus menjalin komunikasi yang baik antara para pegiat wisata dengan Pemerintah Desa untuk pengembangan dan kemajuan wisata yang ada di desa,” katanya.

Setelah saling tukar informasi, pendapat, rombongan kelompok pengelola Desa Wisata Wiau Lapi mengunjungi wisata Desa budo dan di akhiri dengan foto bersama.

Reporter: Jendry Paendong

Komentar