Setyo Prabowo Pastikan Tingkat Keamanan Rutan Kotamobagu Berlapis

KOTAMOBAGU – Kepala Rutan (Karutan) Setyo Prabowo, pastikan tingkat keamanan UPT Rutan Kelas IIB Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulut berlapis.

Karutan Setyo Prabowo yang didampingi Kasat Pengaman Rutan DJ Tumangken, bersama para pejabat struktural lainnya, ikut melakukan kontrol keliling (Troling) area Brandgang dan Pos Penjagaan.

Selain itu, Karutan Setyo Prabowo ikut meninjau langsung kesiapsiagaan petugas pada menara pos atas.

Karutan Setyo Prabowo mengatakan, ini dilakukan sebagai pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib).

Apalagi, lanjut Karutan Setyo Prabowo, sebagai UPT yang sudah mengalami Overcapacity, tidak boleh ada celah sedikitpun untuk lalai dari Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditentukan.

Ia pun mengungkapkan, dirinya ingin selalu memastikan bahwa, Rutan Kotamobagu dalam kodisi aman terkendali.

Untuk Troling area Brandgang dan Pos penjagaan ini, dirinya menerangkan, ini merupakan area steril yang tidak boleh sembarangan orang boleh berada didalamnya, selain petugas atau warga binaan.

Sedangkan, warga binaan harus  telah mendapatkan ijin tertentu dengan pengawasan petugas.

Setyo Prabowo menyebutkan, untuk area Brandgang menjadi sangat penting untuk diawasi. Mengingat beberapa kasus yang terjadi pada Lapas maupun Rutan sering didapati di area Brandgang tersebut.

“Seperti ditemukannya barang atau benda-benda terlarang,” ungkanya.

Selain Troling pada area Brandgang, dirinya ikut memastikan kesiapsiagaan petugas pada menara pos atas, begitu sangat penting.

“Sebagai orang terakhir yang memastikan tembok penjara dalam keadaan steril, tentu keberadaan petugas di pos atas menjadi sangat penting,” katanya.

Sebab itu, Karutan Setyo Prabowo berharap, petugas selalu siap berada di posnya masing-masing saat bertugas.

Sekedar informasi, selain penempatan petugas di pos atas, Rutan Kotamobagu juga telah dipasang CCTV.

“Apalagi, kami terus memastikan di bulan puasa ini hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, situasi dan kondisi Rutan Kotamobagu harus dalam keadaan kondusif,” pungkasnya.

 

(*)

 

Komentar