Sebut Wilayah Hukum Luas, Kadiv PAS Harap Peningkatan Status Rutan jadi Lapas

BNews, KOTAMOBAGU – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara I Putu Murdiana, sambangi Rutan Kelas IIB Kotamobagu, Selasa 5 September 2023.

Tiba di Rutan Kotamobagu, Kadiv PAS yang diikuti rombongan disambut hangat Plh Kepala Rutan (Karutan) Kotamobagu Dj Tumangken.

Tampak juga para pejabat struktural Rutan Kotamobagu, melakukan penyambutan kepada salah satu pimpinan tinggi di Kanwil Sulut ini.

Baca Juga :Kepala Kanwil Sulut Ibadah Minggu Bersama Warga Binaan, Ronald: Jadilah Pelopor Keamanan Rutan Kotamobagu

Tumangken mengatakan, jika kedatangan Kadiv PAS di Rutan Kotamobagu, dalam rangka kunjungan kerja.

Ia menjelaskan, Kadiv PAS sejatinya memiliki agenda khusus di Kota Kotamobagu dan sejumlah wilayah di Bolaang Mongondow Raya.

Hal tersebut tentu dalam kapasitasnya sebagai Ketua Majelis Pengawas Daerah Notaris.

“Kesempatan di Kotamobagu itu juga dimanfaatkan oleh Kadiv PAS dalam melakukan kontrol pada jajarannya di Rutan,” ujar Tumangken.

Baca Juga :Astaga! Propam Polres Kotamobagu Datangi Rutan Kotamobagu Terkait Ini

Bahkan, kata Tumangken, jika Kadiv PAS ikut meninjau dan memantau situasi dan kondisi Rutan, termasuk banyaknya jumlah penghuni dan layanan kunjungan.

Selain itu, Tumangken mengungkapkan, dalam pertemuan singkat itu, Kadiv PAS bahkan menyorot status peningkatan Rutan Kotamobagu.

“Kadiv PAS meminta agar Rutan kita dapat diupayakan ditingkatkan menjadi Rutan Kelas I atau Lapas Kelas IIB, mengingat wilayah hukum yang begitu luas dan kapasitas hunian dengan jumlah besar,” ungkapnya.

Kadiv PAS juga menyampaikan harapannya, agar terus melakukan pembinaan yang telah berjalan selama ini dengan baik.

“Pembinaan yang dimaksud baik itu kepribadian maupun kemandirian, termasuk perawatan para tahanan tentunya,” jelas Tumangken.

Kunjungan kerja Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara pun berjalan dengan baik.

 

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar