Porprov Sulut Bantu Dongkrak Ekonomi Kotamobagu dan Bolmong

BNews, KOTAMOBAGU – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) yang digelar di daerah Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kotamobagu rupanya membawah berkah bagi pelaku usaha.

Porprov Sulut yang dibuka pada Senin (14/11/2022) ternyata memberikan dampak ekonomi, dari sektor usaha makanan dan minuman, penginapan, hotel, pariwisata dan transportasi.

Staf Khusus Gubernur Sulut bidang pariwisata Dino Gobel, usai berkoordinasi dengan Wakil Ketua Panitia Porprov Bolmong Apia Joudy Wagey, Kadis Pariwisata Kotamobagu Anki Mokoginta dan Kadis Pariwisata Bolmong Linda Mashoeri, mengatakan dari sisi kepariwisataan, diperkirakan puluhan miliar rupiah dana berputar dari segi makan minum atlet, official dan pelatih.

“Biaya penginapan di angka Rp1.300 ribu per kamar hotel dan kos di Kotamobagu, serta 100-an rumah penduduk dan homestay di Lolak untuk pemakaian seminggu,”katanya.

Dino Gobel menuturkan berdasarkan keputusan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, menjadikan Lolak di Bolmong sebagai pelaksanaan Porprov 2022 merupakan bukti kuat komitmen duet pemimpin Sulut ini dalam mendorong peningkatan kesejahteraan, antara lain melalui sport tourism seperti Porprov di wilayah BMR.

Tak hanya itu, berdasarkan data dari KONI Sulut, Porprov ini akan menghadirkan kurang lebih 6 ribu atlet, official dan pelatih yang terlibat dalam kegiatan.

“Bisa dibayangkan, sehari saja, sekitar Rp100 ribu biaya makan minum dihabiskan seorang peserta. Dikalikan seminggu? Jumlah yang tidak sedikit. Begitu juga dengan hotel. Dari 6 ribu peserta, dibagi ke 4 orang dalam satu kamar atau rumah penduduk. Pemakaian selama seminggu, dengan harga Rp200 ribu rata-rata. Jumlahnya lumayan,” ungkap Dino.

Dino Gobel berharap Porprov bisa dijadikan momentum sinergitas bertumbuhnya UMKM, tak sekadar dibeli tapi menguatkan branding awareness atau promosi.

“Dan ini tujuan Gubernur Olly dan Wagub Steven melaksanakan even even sport tourism seperti Porprov ini,” pungkas Dino.

Sementara itu Kadis Pariwisata Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta dan kadis pariwisata Bolmong Linda Mashoeri, keduanya sama-sama mengakui Porprov memberikan dampak yang sangat berarti bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kami di Kotamobagu, fully booked seminggu ini,” ujar Anki saat kordinasi itu.

Senda dengan Angki Taurina Mokoginta, Linda Mashoeri juga mengaku Bolmong juga kebanjiran pengunjung khususnya untuk okupansi homestay.

“Homestay terpakai semua juga banyak rumah penduduk,” ujar Linda. (*/Miranty Manangin)

Komentar