Perubahan Anggaran Pemkot Kotamobagu Diteken

BOLMONGNEWS.COM, Kotamobagu
Nota kesepakatan kebijakan umum perubahan anggaran dan belanja daerah  serta prioritas dan plafon sementara tahun 2019 Pemkot Kotamobagu, ditandatangani dalam rapat paripurna di kantor DPRD, Selasa (20/8).

Wakil Ketua DPRD Kotamobagu, Djaelantik Mokodompit, menyampaikan dalam rangka peyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P ) Kotamobagu, perlu di setujui Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPASP) APBD yang disepakati bersama antara DPRD dengan pemerintah daerah untuk selanjutnya dijadikan sebagai dasar penyusunan APBDP tahun 2019.

“Berdasarkan hal tersebut diatas dan mengacu pada kesepakatan antara DPRD dan Pemerintah Daerah tentang Kebijakan umum perubahan APBD tahun 2019, para pihak sepakat terhadap prioritas dan plafon anggaran sementara perubahan APBD tahun 2019,” ujarnya.

Hal tersebut meliputi rencana pendapatan dan penerimaan daerah, prioritas belanja daerah, plafon anggaran sementara perumusan APBD, plafon anggaran sementara program kegiatan dan plafon sementara belanja tidak langsung, serta rencana pengeluaran pembiayaan daerah tahun 2019.

“Secara lengkap prioritas dan plafon anggaran perubahan tahun 2019 disusun dalam lampiran menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan nota kesepatan umum, demikian nota kesepatan ini dibuat untuk dijadikan dasar dalam penyusunan APBDP tahun 2019 ” ungkapnya.

Sementara Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, menyampaikan apresiasi kepada pimpinan DPRD dan Anggota DPRD yang telah membahas kebijakan umum perubahan anggaran prioritas dan plafon anggaran sementara tahun anggaran 2019, sehingga dapat disetujui kesepakatan bersama dalam bentuk nota kesepatan.

“Sebagaimanan termuat dalam dokumen, pihak Eksekutif dan Legislatif telah menyepakati bersama untuk jumlah pendapatan yang sebelumnya diproyeksikan dalam APBD sebesar Rp687.574.906.904 menjadi Rp7.698.552.068.045, naik 0,45 persen,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk jumlah belanja pada APBD tahun 2019 yang semula diproyeksikan Rp717.574.906.994 menjadi Rp722.378.390.365, naik sekitar 0,67 persen.

“Dalam proses pembahasan materi tentang perubahan kebijakan umum anggaran serta prioritas dan plafon anggaran sementara tahun 2019, mungkin terjadi berbagai dinamika yang tentunya bertujuan untuk dapat menghasilkan usulan yang paling prioritas, serta yang harus dilaksanakan pada perubahan kebijakan umum APBD kotamobagu tahun 2019,” ujarnya.

Paripurna tersebut dihadiri Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, Forkopimda, Pimpinan SKPD, Camat, Sangadi, Lurah se Kotamobagu dan ASN lingkup Pemkot Kotamobagu. (*/ewin)

Komentar