Kepala BP2MI RI Benny Rhamdani Buka Rangkaian Kegiatan Hari Migran Sedunia di Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU – Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Republik Indonesia (RI) Benny Rhamdani, akhirnya membuka secara resmi rangkaian kegiatan peringatan Hari Migran Sedunia atau Migrant Day 2022, di Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu 10 Desember 2022.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pengibaran bendera start event Drag Bike yang berlangsung di Sirkuit Paloko Kinalang, Kota Kotamobagu, Sulut.

Event tersebut tampak begitu ramai dikunjungi masyarakat setempat.

Makin special lagi, karena peringatan Hari Migran Sedunia itu juga dibuka langsung Kepala BP2MI RI Benny Rhamdani.

Baca JugaKotamobagu Dipilih ‘BRANI’ Sebagai Kegiatan Hari Buruh Migran Internasional 2022

Mengawali Kick Off, Benny Rhamdani pun ikut memberi sosialisasi dan edukasi tentang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di lokasi kegiatan.

Bahkan dalam sambutannya, Benny Rhamdani ikut menekankan pentingnya pelindungan bagi Calon PMI sejak masa awal atau sebelum keberangkatan bekerja ke luar negeri.

“Setiap warga negara yang akan berangkat ke luar negeri sebagai PMI, mereka adalah warga VVIP yang wajib dilindungi Negara,” ucap Brani, sapaan akrab Benny Rhamdani.

Apa lagi, lanjutnya, Remitansi gaji milik dari PMI sangat besar.

“Sehingga, sudah selayaknya PMI dimerdekakan dan ini sesuai dengan pengorbanan yang mereka lakukan bagi Negara,” ujarnya lagi.

Baca JugaPemkot Kotamobagu Apresiasi BP2MI Gelar Road Show Migrant Day

Puncak peringatan HPMI sendiri diperingati setiap taggal 18 Desember.

Dirinya pun berharap, agar kegiatan ini bukan hanya seremoni semata, namun bisa menjadi spirit pelindungan bagi Pekerja Migran dan keluarganya yang harus diwujudkan dalam setiap kebijakan BP2MI dengan berpihak pada PMI.

“Demikian juga, dalam pelayanan BP2MI harus dilandaskan pada profesionalitas dan integritas seluruh jajaran, baik itu dari tingkat pusat hingga daerah,” sebut Benny Rhamdani.

Pada prinsipnya, lanjut Benny Rhamdani, konsen BP2MI dalam menyambut Hari Pekerja Migran Indonesia atau HPMI adalah melindungi PMI dan keluarga.

“Memperingati HPMI dengan bergerak aktif ke daerah-daerah, BP2MI datang untuk memberikan edukasi, sosialisasi dan menjaring aspirasi para pemangku kepentingan, khususnya PMI dan keluarganya,” jelasnya.

Baca JugaTerkait Migrant Day, BP2MI Sulut Lakukan Koordinasi dengan Wakil Wali Kota Kotamobagu

Tentu dengan memperingati Migrant Day 2022, dengan harapan dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Apa lagi, Benny Rhamdani mengungkapkan, peringatan HPMI 2022 ini, telah melibatkan para pemangku kepentingan di daerah secara maksimal.

“Kita libatkan para pemangku kepentingan, baik itu dari unsur pemerintah pusat dan daerah, BUMN dan Swasta, masyarakat sipil serta insan pers dan stakeholder terkait,” tandas Benny Rhamdani.

Diketahui, Kota Kotamobagu, Provinis Sulut, merupakan daerah atau kota ke lima yang ditunjuk BP2MI RI sebagai Road Show dalam memeriahkan HPMI 2022.

Turut hadir pada pembukaan event tersebut, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag, Kepala BP2MI wilayah Sulut Grontalo dan Maluku Utara Hendra Makalalag, para jajaran pejabat lingkungan BP2MI, serta sejumlah Pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu. (*)

 

Komentar