Kenakan Baju Adat Daerah, Imigrasi Kotamobagu Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

BNews, KOTAMOBAGU – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat, 28 Oktober 2022.

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-94, dimulai sekira pukul 08.00 Wita yang berlangsung di halaman Kantor Imigrasi Kotamobagu, dengan penuh khidmat.

Komandan Upacara kali ini, Kasi Dokintal Rodinson Saragih dan untuk Perwira Upacara Kasi Tikim Husnan Handano.

Adapun Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kotamobagu Usman SE MH selaku Inspektur Upacara (Irup).

Selain itu, para peserta Upacara pun seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kotamobagu.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan tajuk “Bersatu Bangun Bangsa” begitu menarik perhatian.

Pasalnya, seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kotamobagu pada momentum Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini, ikut kenakan berbagai Baju Adat Daerah di Indonesia.

Tentu momentum kali ini, ikut memberikan pesan mendalam, bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

Menurut Kakanim Kotamobagu Usman, dengan ketangguhan dan persatuan, akan menjadi suatu kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Bahkan, pada sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainul Amali yang dibacakan Kakanim Kotamobagu Usman, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 ini sangat memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap.

Entah itu sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, dan ini bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan semua, bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan bangsa ini,” ucap Usman, dalam Naskah Pidato Hari Sumpah Pemuda yang ditulis Menpora Zainul Amali.

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 28 Oktober 2022 pun berlangsung aman dan lancar.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar