Karyawan RSUD Kotamobagu Ikut Sosialisasi dan Training K3

BNews, KOTAMOBAGU – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu dokter Wahdania L. Mantang bekerjasama dengan Star Safety Group menggelar sosialisasi dan training Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi ratusan karyawannya. Kegiatan yang akan digelar selama dua hari, dibuka resmi oleh Direktur RSUD pada Kamis siang (01/09/2022) bertempat di komplek RSUD.

Dalam sambutanya, In House Training digelar adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi ASN lingkungan RSUD dengan melibatkan lembaga yang kredibel.

“Insyaallah pelaksanaan IHT ini akan memberikan konstribusi bagi peserta dan ilmu yang didapat bisa diimplementasikan dalam rangka akreditasi untuk Pokja MFK,” ujar Direktur Wahdania Mantang.

Dikatakan rumah sakit sebagai institusi kesehatan sudah seharusnya dapat meminimalisir resiko dan potensi berbahaya dilingkungan rumah sakit, sehingga memberikan aman dan nyaman kepada pasien, pengunjungan serta lingkungan rumah sakit dalam managemen fasilitas keselamatan.

“Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan perusahaan Star Safety selama dua hari, yakni tanggal 1 dan tanggal 2 September. Selain pemberian teori tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dari pihak Star Safety, juga pada hari Jumat besok akan dilakukan Simulasi,” ujar Direktur.

Senada hal itu, Direktur Utama Star Safety Effendy Mokodompit SE, MM mengatakan, kegiatan digelar adalah bentuk sosialisasi kepada seluruh personil RSUD Kotamobagu tentang pentingnya menerapkan Sistem Managemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3-RS).

“Tujuan kita adalah untuk membantu meningkatkan mutu rumah sakit bidang K3, betapa pentingnya pembentukan departemen K3 di rumah sakit sesuai dengan perundang-undangan. Pentingnya manfaat terbentuknya P2K3 di rumah sakit yang nanti mengelola system managemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja di rumah sakit,” ujar Mokodompit.

Pantauan media ini, pihak Star Safety juga menggandeng Dinas Satpol PP dan Damkar Kotamobagu dalam sosialisasi, training serta simulasi bagi seluruh karyawan RSUD Kotamobagu.

“Kami dari bidang Pemadam Kebakaran Kota Kotamobagu bersama perusahaan Star Safety melakukan training di RSUD Kotamobagu. Pelatihan kami dibidang Basic Fire, terutama melatih karyawan rumah sakit bisa menggunakan alat pemadam kebakaran ringan serta bagaimana menghadapi kondisi darurat saat kebakaran terjadi,” ungkap Erwin Sugeha Kabid Damkar Dinas Satpol PP Kota Kotamobagu.

Tampak sekira 60 karyawan RSUD Kotamobagu dari berbagai unit kerja, seperti Security, Laboratorium, unit dapur, unit keperawatan mengikuti sosialisasi K3.

“Nanti besok pagi pukul 08.30 sampai pukul 11.00 Wita, masih berlanjut pelatihan bagi karyawan yang belum mengikuti, setelah itu pukul 13.00 Wita akan digelar simulasi oleh pihak Star Safety,” kata Hadi Gimon selaku Pejabat Teknis Kegiatan. (*/Miranty Manangin)

Komentar