Herman: Kita Dorong UMKM Ditempatkan di Lokasi Wisata

BolmongNews.com, Kotamobagu-Integrasi program di Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkot Kotamobagu,  dimaksimalkan.

Diantaranya, adanya kolaborasi progam perencanaan pembangunan daerah wisata antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop-UKM).

Sistem pengelolaan wisata sebagaimana tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA), selain sebagai sarana rekreasi juga dijadikan sebagai objek bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya.

Hal ini sebagaimana diungkapkan kepala Disdagkop-UMKM Kotamobagu,  Herman Aray.

“Salah satu yang kita dorong dalam pembahasan RIPDA adalah terkait dengan UMKM agar ditempatkan di setiap lokasi wisata yang akan dikembangkan di daerah ini,” ungkap Herman kepada BolmongNews.com,  belum lama ini.

Herman menjelaskan, keberadaan UMKM dilokasi wisata sangat penting dalam rangka mempromosikan produk-produk lokal kepada para wisatawan.

“Ini dilakukan lebih pada pemberdayaan pengusaha lokal. Selain itu akan lebih mengenalkan hasil UMKM kita ke para wisatawan yang akan berkunjung ke daerah ini,” jelasnya.

“Sah satu penunjang wisata domestik maupun mancanegara adalah keberadaan UMKM itu sendiri. Makanya, ini perlu kita dorong bersama,” tambahnya. (ewin)

Komentar