DP3A Kotamobagu Gelar Pelatihan KHA

KOTAMOBAGU— Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kotamobagu, menggelar kegiatan pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA), Kamis (28/10).

Kegiatan yang berlangsung di Restoran Lembah Bening Kotamobagu ini, dihadiri dan dibuka secara resmi serta hadir juga sebagai pemateri, Asisten II Setda Kotamobagu Sitti Rafiqa Bora.

Terkait hal ini Rafiqa menyampaikan, bahwa kegiatan yang digelar merupakan salah satu kegiatan strategis pemerintah daerah dalam hal pemenuhan hak-hak anak di daerah ini dan peran penting bagi perlindungan anak, khususnya bagi orang tua.

“Karena kita semua perlu tahu bagaimana cara mendidik anak, agar orang tua tidak terlibat ke persoalan hukum. Salah satu contoh memukul anak, itu harus hati-hati,” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan yang digelar Dinas P3A sangat luar biasa. Ditengah pandemi ini pemerintah kota masih tetap memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan anak Kotamobagu,” kata Rafiqa.

Ia mengatakan, harapan digelarnya pelatihan agar seluruh komponen serta masyarakat yang terundang pada hari bisa menjadi pelopor sekaligus pelapor di lingkungan masing-masing terkait pemenuhan hak anak yang sesuai dengan UU perlindungan anak nomor 35 tahun 2014.

“Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan salah satu pemenuhan instrumen Kota Kotamobagu sebagai kota layan anak,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas P3A ini, juga berharap dengan digelarnya kegiatan ini akan memberikan dampak positif sekaligus peningkatan pelayanan terutama pada upaya-upaya pemenuhan hak anak di Kota Kotamobagu.

“Harapan kami dengan digelarnya kegiatan ini, insyaallah akan me-minimalisir dan menekan semua permasalahan dan kasus terhadap anak. Semoga anak-anak kotamobagu akan tumbuh sehat, cerdas dan menjadi generasi penerus yang cemerlang, sebagaimana visi-misi mewujudkan anak dan perempuan di kotamobagu yang sejahtera dan berkeadilan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P3A Kotamobagu, Virginia Olii menambahkan, untuk pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan ini yakni Sitti Rafiqa Bora yang juga Asisten II Setda Kotamobagu.

“Kenapa kami hadirkan Ibu Rafiqa Bora, karena beliau sudah bersertifikat Konvensi dari kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Selain itu beliau juga pernah menjabat Kadis DP3A,” ungkapnya

Kegiatan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ini turut dihadiri oleh tenaga pengajar di beberapa sekolah di Kotamobagu, pengusaha, masyarakat dan SKPD serta siswa-siswi yang masuk dalam Forum Anak Kotamobagu.

(Laras Dondo)

Komentar