Pengembangan Daerah di Sektor Pendidikan Dipercepat, Pemkab Boltim Lakukan Kerjasama dengan Politeknik Negeri Manado

BNews, BOLTIM – Keseriusan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto untuk memajukan sektor pendidikan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus dilakukan.

Jargon “Belajar, Belajar dan Belajar” yang sering dan terus digaungkan oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto tak lama lagi akan diwujudkan.

Salah satunya melalui ide cemerlang penjajakan kerjasama pendirian Politeknik di Boltim.

Hal ini pun setelah dilakukan pembentukan tim khusus pendirian Politeknik Boltim yang langsung bekerja dan melakukan pertemuan bersama dengan direktur Politeknik Negeri Manado Dra Mareyke Alelo MBA, Rabu 1 Maret 2023.

Baca Juga:Sachrul Lantik Asral Jabat Plt Kadis Disperindagkop-UKM Boltim

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Boltim Yusril Damopoli, tim khusus yang ditugaskan Bupati Boltim langsung mengadakan pertemuan dengan Civitas Akademika di Kampus Politeknik Negeri Manado.

Pertemuan itu pun guna untuk menyampaikan rencana kerjasama tersebut.

“Ungkapan belajar, belajar dan belajar yang sering digaungkan oleh Bupati Boltim dalam setiap agenda kegiatan bukanlah sweet lipst yang tidak bermakna,” ujar Yusril Damopolii.

“Bahkan, bahwa seseorang yang terus belajar akan banyak mendapatkan ide-ide cemerlang yang dapat mempengaruhi kehidupannya secara individu, selain itu bisa saja berdampak pada kemaslahatan hidup orang banyak,” sambung Yusril lagi.

Ia juga menilai, keterpurukan kehidupan seseorang sangat tergantung pada tingkat pendidikan yang dirinya peroleh.

Baca Juga:Pencurian Sapi Mulai Marak di Boltim, Polisi Selidiki Pelaku

Demikian juga kemunduran dan kemajuan suatu daerah juga ditentukan oleh kualitas SDM yang dimiliki daerah tersebut.

“Analisis berfikir ini pun bersejajaran dengan ide cemerlang pak Bupati Boltim yang diwujudkan dalam penjajakan pendirian Politeknik di Kabupaten Boltim,” jelas Yusril.

Lanjutnya mengungkapkan, pertemuan yang dipimpin langsung Direktur dan jajaran dosen Politeknik Negeri Manado ini pun, mendapatkan hasil yang sangat menggembirakan.

“Ibu Direktur akhirnya menyambut baik dan bersemangat terhadap niat cemerlang dari pak Bupati Boltim. Bahkan, dikesempatan pertemuan perdana ini, Diharapkan secepatnya dibuatkan Forum Group Diskusi antara pihak Politeknik Negeri Manado dengan Pemda Boltim, untuk mewujudkan cita-cita mulia pak Bupati Sam Sachrul Mamonto,” ungkapnya.

Baca Juga:Pemkab Boltim Buka Pendaftaran Calon Paskibraka Secara Online, Ini Syaratnya

Yusril Damopolii juga menambahkan, bahwa pekan depan nanti, direncanakan tim akan memfasilitasi FGD tersebut untuk membahas jenis program studi yang akan dibuka di Kabupaten Boltim.

“Nantinya dalam FGD akan dibahas soal prodi yang bersesuaian dengan analisis kebutuhan, potensi alam dan ketersediaan lapangan kerja, serta dengan perkembangan era Four Points One saat ini,” terangnya.

Tentu, kata Yusril, dengan adanya ketersediaan perguruan tinggi nanti, maka menjadi jawaban serta dambaan masyarakat Boltim.

Apa lagi, masyarakat Boltim selama ini sudah sangat berharap anak mereka boleh mendapatkan lanjutan pendidikan layak di daerah sendiri.

Baca Juga:Truk Tronton Sebabkan Kemacetan Hingga Pemadaman Listrik di Bolangitang Barat

“Kita doakan bersama masyarakat Boltim, semoga maksud baik Bupati akan segera terwujud,” harapnya.

Adapun tim khusus penjajakan pendirian Perguruan Tinggi Politeknik yang ditugaskan Bupati Boltim diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Yusril Damopolii bersama sejumlah staf khusus Bupati Boltim lainnya, yaitu DR Magdalena Wullur, DR Tommy Sumakul.

Reporter : Gazali Potabuga
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar