Ini Pekerjaan yang Dikelola Dinas PUPR Boltim Tahun 2021

BOLTIM—Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun ini melaksanakan sejumlah kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Sedikitnya 15 Proyek pembangunan di tahun ini bersumber dari DAU dan DAK,” kata Kepala Dinas (Kadis) PUPR Boltim, Harris Pratama Sumanta, Senin (12/4) di ruang kerjanya

Menurutnya, proyek tersebut diantaranya, tujuh paket pembangunan jalan dengan anggaran miliaran rupiah.

“Pasca refocusing, ada pembangunan tujuh paket jalan yang akan kami laksanakan. Diruas jalan Buyat-Bukaka dengan ruas jalan Togid-Hulusita masuk dalam alokasi DAK. Anggaran untuk Buyat-Bukaka Rp 7,4 Milyar, dan Togid-Hulusita sekitar Rp 1,7 Milyar,” ujarnya.

Selain itu, ada kegiatan pekerjaan jalan yang bersumber dari DAU. Salah satunya adalah jalan akses masuk ke Kantor Dinas PUPR dengan anggaran Rp1 Milyar.

“Kemudian penyelesaian dua jalur Motongkad, jalan kampung desa Jiko Blanga itu sekitar Rp 1,5 Milyar. Dengan jalan SD Badaro sekitar Rp 1,5 Milar,” terangnya.

Selain pekerjaan jalan, juga ada pembuatan SPALKA untuk beberapa desa, yang bersumber dari DAK tahun ini.

“Ada juga kegiatan kami yang bersumber dari DAK. Itu untuk masyarakat. Yakni Spart Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik. Itu berada di empat desa, yaitu Poworejo, Pinonobatua’an, Moyongkota Baru, dan Bangunan Wuwuk, dengan besaran anggaranya, kurang lebih Rp 400 jutaan,” katanya.

Lanjutnya, ada juga kegiatan melalui program Pamsimas didua Desa yaitu di Purworejo Tengah dan Molobog Timur anggarannya sebesar Rp 135 dan Rp 267 juta.

“Kemudian pembangunan irigasi serta BSPS untuk dua desa pada tahun ini. Irigasi yang bersumber dari DAK, yaitu Irigasi Togid sebesar Rp 997 juta. BSPS di Desa Jiko Blanga sebesar Rp 350 juta sebanyak 10 unit,” pungkasnya.

(Fichi)

 

 

Komentar