Dirjen Sarpras Kementan RI Monitoring Peningkatan Sentra Produksi

BolmongNews.com, Boltim–Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jum’at (10/05) siang tadi, menerima kunjungan kerja Direktur Jendral (Dirjen) Sarana dan Prasarana (Sarpras) Pertanian, Kementrian Pertanian (Kementan) RI, DR. Ir. Sarwo Edy, di desa Mooat, Kecamatan Mooat.

Sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pertanian Boltim, Ir. Setiono, bahwa tujuan kunjungan tersebut tak lain untuk melakukan monitoring secara langsung kawasan komoditi holtikultura, yang terletak di dataran tinggi kecamatan Mooat.

Selain itu, kunjungan kerja Dirjen untuk monitoring langsung pemanfaatan berbagai macam alat mesin pertanian (Alsintan) yang diberikan kepada kelompok tani dalam rangka mendukung pencapaian peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Boltim.

“Nantinya dari kunjungan ini akan memberikan peluang bagi Pemda Boltim untuk mendapatkan fasilitasi bantuan alsintan,” ujar Setiono

Katanya, Dirjen pun mengharapkan agar secepatnya pihak Pemda Boltim melalui Dinas Pertanian untuk segera mengajukan proposal untuk kegiatan fisik sebagai penunjang sentra produksi holtikultura.

“Tak hanya Alsintan, tapi kita juga diminta mengajukan proposal untuk permintaan kegiatan pembangunan jalan pertanian, pembangunan jaringan irigasi, pembangunan embung, pembangunan parit, dan pembangunan irigasi perpipaan,” ungkapnya.

Dalam kunker tersebut, pihak Dirjen juga turut didampingi pengusaha impotir nasional bawang putih PT. Indo Mandiri Permai Jakarta. Nantinya pihak importir akan bermitra untuk pengembangan budidaya bawang putih dengan kelompok tani seluas 83 hektare. (Lee)

Komentar