Sangadi Meyambanga Timur Umar Langanawa Bersama Perangkat Ikut Bimtek PKD

BOLSEL— Sangadi (Kepala Desa) Meyambanga Timur Bersama Sekertaris Desa (Sekdes), Kaur Keuangan, BPD dan Operator ikut Bimtek bersama tentang Pengelolaan Keuangan Desa (PKD) di Kota Manado.

Kegiatan PKD yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolsel) itu, dimulai dari tanggal 1-7 Maret 2022.

Sangadi Meytim Umar Langanawa, mengungkapkan, materi yang diberikan oleh berbagai macam pemateri dalam PKD itu sangat membantu dalam proses pertangungjawaban APBDes.

“Yang pasti banyak dibahas dalam Bimtek tersebut mulai dari persoalan regulasi yang di hadapi di desa, diantaranya penyusunan dan pertanggung jawaban APBDes, aplikasi siskeudes, mekanisme pemotongan pajak, pengawasan dana desa, Penyusunan produk hukum desa, serta evaluasi laporan keuangan desa,” kata Umar Kepada media Bolmong.News, Rabu 09 Maret 2022.

Ia menjelaskan di awal pemerintahannya belum pernah mendapat pembekalan penguatan seperti ini.

“Alhamdulilah di awal tahun 2022, dilaksanakan Bimtek PKD oleh Dinas PMD,” jelasnya.

Ia berharap kedepan peningkatan kapasitas dan kinerja perangkat dan lembaga desa akan bertambah, sehingga akan memperdalam memahami aturan dalam penyusunan anggaran APBDes.

“Begitupun dengan fungsi BPD dalam pengawasan anggaran bisa berjalan maksimal,” kata Umar.

Ianjuga sangat bersyukur banyak mengetahui dalam penyusunan anggaran sampai pada pertanggungjawaban APBDes.

“Pastinya materi yang didapatkan kami akan menerapkannya sebaik mungkin dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” tandasnya.

(Wawan Dentaw)

Komentar