Pemkab Bolmut Peringati Malam Nuzulul Quran 1444 Hijriah, Ini Pesan Bupati Depri Pontoh

BNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Peringatan Malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1444 Hijriah, Sabtu 8 April 2023.

Peringatan Malam Nuzul Quran dengan mengangkat tema “Bersihkan Hati, Tekadkan Diri Menjadi Umat yang Berahlak Qur’ani Untuk Menggapai Ridho Ilahi” bertempat di Masjid Agung Baiturrahman Boroko, Kabupaten Bolmut.

Terpantau bolmong.news, sebelumnya, Tim Safari Ramadhan yang dipimpin langsung Bupati Bolmut Depri Pontoh, menunaikan Shalat Isya dan Tarawih berjamaah bersama para jamaah setempat.

Baca JugaMomentum Peringatan Nuzul Quran 1444 Hijriah, Limi Mokodompit sampaikan Capaian Program Unggulan Pembangunan Daerah

Mengawali kegiatan tersebut, rangkaian kegiatan Pringatan Malam Nuzul Quran diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ust Basir Binjanati.

Usai itu, dilanjutkan dengan ceramah hikmah Malam Nuzul Quran yang disampaikan Ust Yusuf Dani Pontoh yang juga selaku Panitera Pengadilan Agama Boroko.

Dalam hikmah cermahnya, ia menyampaikan agar umat Muslim dapat beristiqomah dan beramal sholeh.

Menurutnya, ini sesuai dengan yang telah diajarkan dan dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW.

“Marilah kita manfaatkan Ramadhan yang tinggal beberepa hari ini dengan banyak membaca Al-Quran, perbanyak amal sholeh dan semoga kita mendapatkan malam Lailatul Qadar yang telah dijanjikan Allah SWT kepada seluruh umat islam yang melaksanakan puasa, baca quran dan amalan sunnah lainya di Ramadhan ini,” ajaknya.

Baca JugaPemkab Asahan Peringati Malam Nuzulul Quran

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bolmut Depri Pontoh dalam sambutanya mengatakan, melaksanaknan ibadah puasa dan Tarawih, hedaknya laksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Terlebih lagi, sebentar lagi Ramadhan akan pergi meningalkan kita semua,” tutur Depri Pontoh.

Lanjutnya, pelaksanaan Shalat Tarawih 8 Rakaat maupun 20 bukanlah jadi masalah atau perdebatan.

Namun, yang paling bermasalah pada sebagian umat islam pada bulan Ramadhan, yakni tidak melaksanakan Shalat.

“Baik itu juga Shalat lima (5) waktu, apa lagi shalat Tarawih. Padahal kita tau bersama di bulan Ramadhan ini pahala kita baik sunnah maupun wajib akan dilipat gandakan oleh Allah SWT,” katanya.

Baca JugaPemkot Kotamobagu Gelar Peringatan Nuzulul Quran di MABM

Ia pun berpesan, agar bersama-sama menyisihkan sebagian harta kita ke yayasan atau pondok pesantren,  untuk kiranya harta kita bersih dan mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT.

“Ingat, jangan lupa bayarlah zakat fitrah tepat waktu kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas, agar masyarakat miskin, kaum dhuafa yang membutuhkanya, bisa merasakan indahnya berbagi sebelum datangya hari yang fitri,” tandas Bupati.

Kemudian, acara ditutup dengan penyerahan uang tunai sejumlah Rp.250.000.000, oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh kepada Pendiri Yayasan Darulmukhlasin kaydupa Ust Fadel Alamri.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut para kepala Kantor, Dinas, Badan, SKPD,para ASN Bolmong Utara, para Tokoh Adat, Agama dan Jamaah setempat.

 

Reporter : Muchtar L Harundja

Editor     : Wahyudy Paputungan

Komentar