Libatkan Pokjaluh, Kemenag dan Pemda Kolaborasi Bangun Daerah

BNews, BOLMUT – Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Pasalnya, Pemda Bolmut dinilai begitu sangat mendukung penuh program kegiatan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kemenag Bolmut.

Hal ini pun disanjung Kemenag Bolmut, melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Drs Hi Abdullah Diu SAg M PdI.

“Kami dari jajaran Kemenag Kabupaten Bolmut mengucapkan terima kasih kepada Pemda Bolmut yang telah mendukung penuh program kegiatan Pokjaluh,” ucap Abdullah kepada bolmong.news, Sabtu 26 Agustus 2023.

Baca Juga:Launching KMB di Kabupaten Bolmut, Komitmen Wujudkan Toleransi Umat Beragama 

Dirinya menyebut, program kegiatan Pokjaluh Kemenag Bolmut diantaranya, penguatan fungsi penyuluh agama dalam mengangkat Stunting di ajang Penyuluh Awards tingkat Nasional oleh Mei Kosegeran pada 9 Agustus 2023 kemarin.

Selain itu, Pemda Bolmut juga telah mendukung penuh penetapan Kampung Moderasi Beragama(KMB) di dua Desa. Dianntaranya, Desa Binjeita 1 dan Binjeita 2.

Bahkan, penetapan Kampung Moderasi Beragama atau KMB ini, tak lepas peran penting dari Tim Pokjaluh itu sendiri.

Hal itu pun dibuktikan dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Depri Pontoh yang disaksikan Kepala Kanwil Sulut Sarbin Sehe didampingi Kepala Kantor Kemenag Bolmut Idrus Sante.

Baca Juga: Bukti Nyata Kuat Kerukunan dan Toleransi, Umat Kristen Hibahkan Tanah Untuk Bangun Mushola

Demikian, atas dukungan tersebut Bupati Bolmut mendapat apresiasi langsung dari Menteri Agama (Menag) RI Youqut Kholil Qoumas.

Dimana, Bupati Bolmut Depri Pontoh, menerima Sertifikat Apresiasi langsung dari Menag RI, usai launching Kampung Moderasi Beragama yang berlangsung di Desa Binjeita 1, tepatnya di Pantai Tinangoha, Kecamatan Bolangitang Timur, Sabtu kemarin.

“Sertifikat Apresiasi ini langsung dari Menag RI kepada Bupati Bolmut Depri Pontoh atas dukungan kegiatan-kegiatan Pokjaluh,” ujarnya.

Dirinya berharap, sinergitas dan kolaborasi antara Kemenag Bolmut bersama Pemkab Bolmut yang sudah terbangun sejak lama ini, dapat terus terjaga dengan tujuan pembangunan daerah.

Baca Juga: Siap-siap! Pemilik Warung Makan di Bolmut Bakal Kena Razia Jika Tak Miliki Ini

“Kami segenap jajaran Kemenag Bolmut berharap sinegritas dan kobalorasi yang telah terjalin tetap dijaga secara terus-menerus dalam membangun daerah Bolmut bersama- sama,” pungkasnya.

Perlu diketahui, pembentukan Kampung Moderasi Beragama di dua Desa Kabupaten Bolmut itu, merupakan hasil program kerja Pokjaluh Kemenag Bolmut.

Sebelumnya, Tim Pokjaluh telah melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan Kecamatan pada Mei 2023.

Selanjutnya, usulan tersebut pun disetujui oleh Pemkab Bolmut melalui Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena.

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar