Launching KMB di Kabupaten Bolmut, Komitmen Wujudkan Toleransi Umat Beragama

BNews, BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) Sarbin Sehe, Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB), Sabtu 26 Agustus 2023.

Desa Binjeita 1 dan Binjeita 2 sendiri, ditetapkan Kemenag Sulut sebagai KMB di Kabupaten Bolmut.

Bertempat di Pantai Tinangoha Desa Binjeita 1, Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolmut, acara Lauching itu turut dihadiri jajaran Kanwil Kemenag Sulut, serta Kepala Kemenag Bolmut Idrus Sante.

Selain itu, para jajaran Kemenag Bolmut, Assiten II Setda Bolmut, para Pimpinan OPD, Camat Bolangitang Timur, para Sangadi, FKUB Bolmut, Lintas Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta masyarakat setempat.

Baca JugaAnaknya jadi Korban Pelecehan, Ayah Kandung Minta Terduga Pelaku Segera Ditangkap Polisi

Bupati Bolmut Depri Pontoh pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Menteri Agama.

Menurutnya, penghargaan tersebut bukan hanya untuk semata milik pribadi Bupati, melainkan demi masyarakat dalam hal pembangunan daerah.

“Terutama dalam membangun dan mensukseskan Kampung Moderasi Beragama (KMB) ini,” katanya.

Dikatakan, kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Bolmut telah terjaga sedari dulu. Dan itu sudah menjadi komitmen masyarakat bersama menjaga tradisi ini.

Sehingga dirinya mengungkapkan, jika ia mempunyai impian untuk Kabupaten Bolmut. Dimana daerah ini akan menjadi contoh satu-satunya sebagai KMB di Sulut, bahkan se Indonesia.

Baca JugaDepri Amin Senyum Bahagia di HUT RI Ke- 78

Bupati dua periode Bolmut ini pun ikut berpesan kepada seluruh masyarakat, agar dapat menghilangkan perbedaan, berkelompok- kelompok minoritas dan mayoritas, karena semua itu hanya dapat mempengaruhi perpecahan dan kehancuran antar umat beragama.

“Hindari perpecahan, jangan berkelompok, karena semua itu hanya akan menggerogoti semangat kesatuan dalam berbangsa, terlebih lagi dapat menghambat pembangunan daerah,” tandas Bupati.

Sementara, Sarbin Sehe menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Bolmut yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan, sehingga terlaksana dengan baik.

Dikatakannya, jika Islam memberikan keringanan bagi siapa saja pemeluknya, terutama dalam membangun relasi kekeluargaan antar umat beragama, terlebih di Kabupaten Bolmut.

Bahkan, kata Sarbin Sehe, jika kerukunan umat bergama sudah ada sejak dulu dari nenek moyang kita. Oleh sebab itu, tradisi ini harus dapat dijaga dan saling melengkapi.

Baca JugaMinat Baca Masyarakat Terhadap Buku Diharapkan Meningkat

“Jangan saling menyakiti antar sesama hanya karena perbedaan, tapi bagaimana kita saling bergandengan tangan bersama, baik itu Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, serta Konghucu,” pungkasnya.

Diakhir acara, tak lupa Kepala Kanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe, ikut menyerahkan Sertifikat Penghargaan kepada Bupati Bolmut Depri Pontoh dari Mentri Agama Yoqut Kholil Qoumas langsung, kemudian dilanjutkan dengan penandatangan prasasti KMB di Kabupaten Bolmut.

 

Reporter : Muchtar L Harundja

Editor : Wahyudy Paputungan

 

Komentar