Ini yang Disampaikan Bupati Bolmut saat Sambut Kunjungan Kerja Kapolda Sulut

BNews, BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh sambut kunjungan kerja (Kunker) Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Kedatangan orang nomor satu di jajaran Polda Sulut ini, dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan pos penjagaan Polres Bolmut, Rabu 15 Maret 2023.

Ini pun merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan kerja Kapolda Sulut di Polres Bolmong Utara.

Dalam kunjungan kerja ini, Kapolda turut didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Henny Setyobudi bersama beberapa Pejabat Utama Polda Sulut dan Pengurus Bhayangkari.

Sebelumnya, kedatangan Kapolda Sulut beserta rombongan mendapat serangkaian penyambutan.

Baca JugaPimpin Upacara Tradisi Pembaretan Bintara Remaja, Ini Pesan Kapolda Sulut

Mulai dari Kapolres Bolmong Utara AKBP Areis Aminulla didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bolmong Utara Ny. Nisa Areis Aminulla bersama Bupati Bolmut dan Forkopimda lainnya, hingga para pejabat Polres Bolmong Utara beserta Bhayangkari.

Kapolda dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut juga mendapat pengalungan Bunga serta pemberian buket bunga dari sepasang Polisi Cilik, jajar kehormatan serta prosesi penyambutan secara adat.

Usai transit, Kapolda dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak bencana alam.
Dilanjutkan peletakan batu pertama pembangunan pos penjagaan.

Kapolda Sulut lalu memberikan arahan kepada personel Polres Bolmong Utara dan jajaran, sedangkan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut bertatap muka dengan Bhayangkari Cabang Bolmong Utara.

Kapolda Sulut dalam sesi doorstop mengatakan, tujuan utama kunjungan kerja ini adalah untuk melihat kesiapsiagaan dalam rangka melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat, pemeliharaan kamtibmas, dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tugas pokok dari Polres Bolmong Utara.

Baca JugaPolwan Brimob Polda Sulut dengan Segudang Prestasi Pencak Silat

“Saya juga ingin melihat secara langsung jika ada kendala, kekurangan, dan kelebihan, ada hal-hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia, sistem, metode, sarana prasarana, dan lain-lain,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto di depan sejumlah awak media.

Lanjut Irjen Pol Setyo Budiyanto, sedikit banyak dirinya sudah mendapat informasi dari Kapolres dan Bupati Bolmong Utara, terkait beberapa hal yang harus diatensi.

“Yang pertama penambahan sumber daya manusia, kemudian sarana prasarana karena Bolmong Utara ini merupakan daerah perbatasan jalur lintas trans Sulawesi yang membutuhkan penanganan cepat manakala ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, khususnya di jalur tersebut,” ujarnya.

Irjen Pol Setyo Budiyanto mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan berperanserta dalam hal menjaga kamtibmas di wilayah Kabupaten Bolmong Utara ini.

“Artinya, tanggungjawab masalah keamanan memang ada di Kapolres dan Kapolda. Tetapi setidaknya itu tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa adanya partisipasi dan dukungan dari masyarakat, termasuk pemerintah daerah pastinya,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Baca Juga:Pemkab Bolmut Terima Awards UHC 2023

Irjen Pol Setyo Budiyanto juga meminta agar kolaborasi Forkopimda Bolmong Utara yang sudah berjalan dengan baik selama ini untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Sesuai instruksi Bapak Presiden RI bahwa, pemerintah daerah, Forkopimda di dalamnya ada unsur TNI, penegak hukum dan stakeholders yang lain agar terus berkolaborasi dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan seluruh aktivitas masyarakat di sini. Kalau itu semua bisa dilakukan, maka pembangunan di kabupaten ini juga bisa berjalan dengan baik, ekonomi masyarakat juga semakin meningkat sehingga berpengaruh kepada kesejahteraan masyarakat,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Sementara itu, terkait dengan persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang, khususnya di wilayah hukum Polres Bolmong Utara, Irjen Pol Setyo Budiyanto yakin bahwa Kapolres sudah bekerjasama dengan KPU, Bawaslu, bahkan persiapan penegakan hukum terpadu.

“Termasuk mendatakan jumlah TPS yang ada di sini dengan kriteria rawan, kurang rawan, dan aman. Kalau ada kekurangan, pastinya Kapolres Bolmong Utara nanti akan minta back up dari Polda Sulut,” sebutnya.

“Dan Polda Sulut siap mem-back up, kemudian nanti kami juga bekerjasama dengan TNI untuk pengamanannya. Prinsipnya, kami sudah siap melaksanakan kegiatan pengamanan. Harapan saya, masyarakat bisa ikut berpartisipasi mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 dengan baik,” tutup Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Sementara itu, Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh mengatakan, kedatangan Kapolda Sulut merupakan suatu kebangaan bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Baca JugaSejumlah Harapan Bupati Bolmut Disampaikan Diperingatan HKG ke 51

Apa lagi, kujungan ini merupakan perdana bagi Jendral Dua Bintang, di Kabupaten Bolmut.

Bupati juga tak menapik, jika sejak diresmikanya Polres Bolmong Utara pada 2019 lalu, mampu menunjukan Profesionalitas, Dedikasi, Loyalitas dan Integritas yang tinggi.

“Tentu dalam terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat yang kondusif, dengan menekan angka kriminalitas dan kejahatan di daerah,” tuturnya.

Bupati Depri menambahkan, kiranya dengan adanya Mako Polres Bolmong Utara ini, tentunya bisa berimplikasi dengan kebutuhan anggota Polri.

“Dengan penuh kerendahatan hati, kami memohon kepada Bapak Kapolda Sulut, adanya perhatian dan bantuan kepada putra/putri kami daerah Bolmong Utara, agar kiranya diakomodir atau dapat diprioritaskan untuk diterima sebagai anggota Polri,” harap Bupati sembari menambahkan.

“Semoga dengan momentum ini semakin meningkatkan jalinan hubungan kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah dan pihak Kepolisian,” tandasnya.

Kunker Kapolda Sulut ini juga, ikut dihadiri Ketua DPRD Frangky Chendra dan sejumlah Anggota DPRD Bolmut, Sekda Bolmut dr Jusnan C.

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar