Serentak Digelar 18 Maret, Kampanye Mandatory Sertifikasi Halal Sasar Pasar Boroko

BNews, BOLMUT – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar rapat persiapan Kampanye Mandatory Halal.

Rapat yang dilaksanakan melalui bidang Bimas ini, berlangsung di kantor Kemenag Kabupaten Bolmut, Boroko, Rabu 15 Maret 2023.

Kepala Kemenag Kabupaten Bolmut melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Drs Hi Abdullah Diu mengatakana, Kampanye Mandatory Halal ini dilakukan dalam rangka penyebarluasan informasi tentang kewajiban bersertifikat halal untuk produk makanan, minuman, jasa penyembelihan dan hasil sembelih, serta bahan baku, bahan tambahan pangan maupun bahan penolong.

Baca Juga:Ini yang Disampaikan Bupati Bolmut saat Sambut Kunjungan Kerja Kapolda Sulut

“Maka sehubungan dengan itu, kami Kemenag Kabupaten Bolmut, nantinya akan menyelenggarakan Kampanye Mandatory Halal di Boroko,” ujar Adullah.

“Ini pun berdasarkan hasil rapat BPJH dengan Satgas layanan Halal se Indonesia yang digelar pada 30 Januari – 1 Februari 2023 dan untuk waktu pelaksanaanya yaitu pada tanggal 18 Maret 2023, secara serentak di 1000 titik lokasi se Indonesia beberapa waktu lalu di Jakarta,” sambung Abdullah lagi.

Adapun hasil rapatnya, nanti pada 18 Maret 2023.

“Rencananya, Kami akan memilih Pasar Boroko yang akan dijadikan pusat Kampanye Mandatory Halal ini, kemudian akan melibatkan usur Forkopimda dan Stakeholders terkait untuk memberikan Penyuluhan ini, kepada para pelaku usaha atau UMKM setempat. Selain itu, akan ada Sertifikat Halal yang akan diberikan,” jelasnya.

Baca Juga:Sosialisasi Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha Akan Digelar Dalam Waktu Dekat

Sementara, Ketua Panitia Kampanye Mandatory Halal Mohammad Kalonta mengatakan, pihaknya akan mendatangi Dinas DPKUKM dan DMPTSP terkait kegiatan ini.

“Tentu kami berharap, kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan juga para pelaku usaha sudah bisa miliki sertifikat Halal,” pungkasnya.

 

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar