Pemkab Bolmong Gelar Ujian Dinas dan Kenaikan Pangkat

BNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar ujian dinas tingkat I dan II, serta ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah, bertempat di gedung CAT Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong, Rabu 15 Maret 2023.

Kegiatan ini pun resmi dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang SIP MM.

Sebelum membuka kegiatan, pada kesempatan tersebut, Tahlis Gallang yang didampingi Kepala BKPP Bolmong, Umarudin Amba dan Sekretaris BKPP Suipto Tubuon, menyampaikan kepada semua peserta, bahwa ujian dinas bukan formalitas untuk mengubah status pangkat seorang ASN.

“Yang namanya ujian pasti ada standar nilai kelulusannya, jika peserta tidak mampu melewati standar nilai dari ujian tersebut, secara otomatis tidak lulus, demikian sebaliknya,” ucap Tahlis Gallang, dalam sambutannya.

Baca Juga: 148 Calon Paskibraka Kotamobagu Lulus Seleksi Administrasi dan Kesehatan

Lanjut Tahlis Gallang, ujian ini juga merupakan ruang untuk memberikan kesempatan kepada ASN dan dinyatakan sudah memenuhi syarat untuk naik pangkat maupun penyesuaian ijazah.

Tahlis pun berharap, kiranya semua peserta ujian dinas akan mendapatkan hasil maksimal, sehingga bisa lulus dan naik pangkat.

“Saya optimis semua peserta harus bisa lulus semua,” ucapnya.

Disamping itu, ia juga menegaskan, kepada seluruh peserta, jika sudah dinyatakan lulus dan berpindah golongan, maka perlu untuk dibarengi dengan perubahan pola pikir dan perilaku.

Baca JugaMudahkan ASN Boltim Berwisata ke Luar Negeri, Bupati Sachrul Teken MoU dengan PT Bank Prismadana

“Jangan sampai pangkatnya tinggi, pola pikir dan perilakunya masih pangkat rendah, itu tidak boleh, karena banyak contoh pangkat tinggi tapi kinerja minim, disiplin dan perilaku nol besar,” tegas Tahlis.

Diketahui pula, pelaksanaan ujian dinas ini dilakukan seprofesional mungkin dan pihak BKN itu mempercayakan sepenuhnya kepada BKPP Bolmong.

“Sebelumnya ada narasumber dari BKN, nah untuk tahun ini sudah tidak ada lagi, karena telah diserahkan sepenuhnya kepada BKPP Bolmong. Kepercayaan ini tolong dijaga sebaik-baiknya,” sebutnya.

Kemudian, Kepala BKPP Bolmong Umarudin Amba menyebut, ujian dinas dan penyesuaian ijazah ini, diikuti 78 orang peserta.

“Masing-masing terdiri dari 13 peserta dari Bolmut, 5 peserta dari Bolsel dan 4 peserta Boltim dan sisanya ASN Bolmong,” beber Amba.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar