Idrus Sante Apresiasi Petugas Pendamping Produk Halal UMKM

BNews, BOLMUT – Masyarakat Kabupaten Bolmut, menyampaikan jika mereka merasa terbantu dengan adanya pelayanan langsung Sertifikat Halal secara gratis dari Kementerian Agama (Kemenag).

“Bukan hanya itu, kami juga terbantu dengan pengurusan NPWP dan NIB,” ungkap Warsida, salah satu pelaku usaha asal Kecamatan Bolangitang Barat, saat bersua dengan media ini, Jumat 4 Agustus 2023.

Menurutnya, layanan tersebut dianggap tepat dan jelas. Hal itu juga dikatakan KUA Bolangitang Barat Sardi Ticoalu.

Layanan itu, katanya, diberikan langsung oleh Petugas Pendamping Produk Halal atau PPH.

Baca JugaDepri Tunjuk Awaludi Kepala BPKD Bolmut

“Petugas PPH diberikan wewenang dari Kemenag Bolmut untuk melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha dalam penginputan Sertifikat Halal,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Kemenag Bolmut Idrus Sante pun, memberikan apresiasi kepada Petugas PPH.

Ia menilai, jika Petugas PPH telah melaksanakan tugasnya dengan baik, dengan memberikan pelayanan maksimal dan membantu masyarakat secara langsung atau (Direct Service).

Baca JugaAnak Dibawah Umur Diduga Alami Pelecehan Seksual Didalam Taksi, Pria Bolmut Ini Masih Berkeliaran

“Kami selalu memberikan arahan kepada para penyuluh untuk selalu membantu masyarakat sebisa dan semampunya,” katanya.

“Kita adalah suatu lembaga yang melayani masyarakat dengan cara membimbing dengan memberikan pemahaman secara bijak, dan itu sudah merupakan tupoksinya sebagai penyuluh. Termasuk proses pembuatan Sertifikat Halal,” jelasnya.

Demikian ditambahkannya, jika Sertifikat Halal pelaku UMKM saat diterbitkan, maka diberikan langsung kepada mereka ataupun secara simbolis, dengan diambil dokumentasi dan kemudian diberikan arahan pembinaan tentang penggunaan sertifikat tersebut.

 

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar