Amin Lasena Serahkan Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah kepada 6.497 KPM

BNews, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyerahkan bantuan sosial (Bansos) berupa beras dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) 2023, bertempat di Kantor Camat Kaidipang, Jumat 14 April 2023.

Bansos tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Amin Lasena, secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bolmut.

Diketahui, jumlah penerima Bansos ini sebanyak 6.497 orang yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Bolmut.

Baca JugaSejumlah Jabatan Kepala Sekolah di Bolmut Alami Kekosongan, Komisi I DPRD Bolmut Bereaksi

Masing-masing KPM pun akan menerima Bansos berupa beras 10 Kg.

Menurut Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, keterjangkauan pangan merupakan kemampuan masyarakat dalam mengakses pangan, baik itu dari sisi ekonomi maupun akses fisik.

Artinya, kata Amin Lasena, keterjangkauan pangan dari sisi ekonomi ikut dipengaruhi juga antara lain, tingkat pendapatan atau daya beli, stabilitas harga pangan, maupun tingkat kemiskinan.

“Kita tau bersama bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi,” ucap Amin Lasena ketika menyampaikan sambutannya.

Baca JugaWakili Bupati Bolmut, Asisten II Buka RAT KPRI Mania 2022

Sehingga tujuan penyaluran Bansos hari ini yang paling pokok adalah mengurangi pengeluaran KPM dan menangani kerawanan pangan.

Bahkan, baik itu juga untuk mengurangi gizi buruk, stunting, keadaan darurat pengendalian inflasi daerah dan penangulangan kemiskinan

“Pada pokoknya, semua ini dilakukan dengan tujuan mengurangi beban masyarakat kita,” imbuhnya.

Amin Lasena juga berpesan kepada KPM, agar dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya.

Baca JugaBupati Asahan Serahkan Sertifikat Tanah Kepada Polres Asahan

Karena, kata Wabup Bolmut, bantuan yang disalurkan ini menjadi wujud kepedulian dan ikhtiar pemerintah untuk terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Bolmut.

Oleh itu, ia berharap agar bantuan pangan ini dapat mengurangi beban pengeluaran KPM, sekaligus menjadi langkah konkret dalam menjaga stabilitas harga dan kebutuhan pokok masyarakat, pengendalian inflasi serta penanggulangan kemiskinan di daerah.

“Sebentar lagi kita akan menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, tentunya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi,” pungkas Amin Lasena.

Turut hadir, para staf ahli Bupati, pimpinan OPD, staf khusus Bupati, Tim Transporter DNR Logistick, para Camat, Sangadi serta masyarakat penerima manfaat.

Berikut jumlah penerima bantuan dari program Cadangan Pangan Pemerintah 2023 yang tersebar di 6 Kecamatan Kabupaten Bolmut :

1. Sangkub 991 KPM

2. Bintauna 1.200 KPM

3. Bolangitang Timur 1.288 KPM

4. Bolangitang Barat 1.268 KPM

5. Kaidipang 752 KPM

6. Pinogaluman 998 KPM

Jumlah Total = 6.497 KPM

 

Reporter : Muchtar L Harundja

Editor     : Wahyudy Paputungan

Komentar