Wakil Bupati Yanny Buka Bimtek SIPD

BOLMONG Mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, membuka kegiatan Bmbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan Anggaran dan Akuntansi Pelaporan, pada Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Mercure, Manado, turut dihadiri, Sekretaris Daera (Sekda) Bolmong Tahlis Galang, Kepala BKD Seriyanto, para pimpinan OPD, para Kepala Bidang, serta Narasumber tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (16/12).

Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk dalam sambutannya menyampaikan, setelah diterbitkannya undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, merupakan dinamika perkembangan pemerintah daerah, dalam rangka menjawab permasalahan yang terjadi pada pemerintah di daerah.

Menurut Wakil Bupati Bolmong ini, perubahan kebijakan pemerintah daerah ini, telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap berbagai peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pemerintah daerah.

“Termaksut perencanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah,” ujar Wakil Bupati.

Lanjut dia, diterbitkannya peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintah daerah yang kemudian dijabarkan dalam peremendagri nomor 90 tahun 2019 tentang, klarifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Wakil Bupati Bolmong Yanny Ronny Tuuk menerangkan, kedua regulasi ini, menganut pola pendekatan berbasis kinerja.

Sehingga, pemerintah daerah diharapkan lebih fokus pada kinerja terukur, melalui program kerja yang nantinya mepermudah dalam melakukan pengukuran kinerja, guna pencapaian tujuan dan sasaran pelayanan publik.

Namun,disis lain dalam implementasinya, masih terdapat banyak kendala yang terjadi dalam perencanaan dan penyusunan anggaran melalui SIPD.

“Sehubungan dengan itu, selaku pemerintah daerah, sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada Badan Keuangan Daerah  Bolmong,” sebut Yanny.

“Ucapan terima kasih juga kepada dukungan dari Narasumber Kemendagri atas pelaksanaan kegiatan kita hari ini,” sambungnya.

Tentu kegiatan ini begitu sangat penting dan strategis.

“Ini supaya dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan keuangan daerah yang semakin baik di Kabupaten Bolmong kedepannya,” jelas lagi Wakil Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Yanny juga menyampaikan pesan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, yang dimana penuh harapan agar  SIPD menjadi solusi terbaik dalam mewujudkan tata kelola dan manjemen sistem pemerintah berbasis elktronik secara nasional.

“Sehingga dengan kegiatan ini, diharapakan dapat terwujud tata kelola pemerintah daerah yang semakin baik, transparan, partisipatif, akuntabel, tertib dan disiplin anggaran,” ungkapnya.

Lanjutnya, perlu adanya dukungan dari seluruh perangkat daerah, sehingga Bimtek ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan aparatur pemerintah yang berkualitas,berintegritas dalam mengelola aplikasi ini.

 “Karena, sebaik apapun sistem yang kita gunakan, tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak didukung oleh SDM yang kompeten,” terang Yanny.

“Disamping itu, program SIPD memberi kemudahan dalam penyediaan kebutuhan data statistic keuangan daerah yang memudahkan pekerjaan, serta dapat memenuhi kebutuhan informasi kepada masyaraat,” jelasnya lagi.

Yanny Ronny Tuuk juga meminta, agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

“Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari kedepan, agar seluruh peserta Bimtek dapat memanfaatkannya dengan maksimal,” pintanya.

Disamping itu, Bupati berpesan, agar BKD dan Inspektorat, usai Bimtek ini, bahwa akan monitoring kinerja ibu bapak selaku pengelola keuangan.

“Jika ada ASN yang tak paham tupoksinya dan bukan dia yang mengerjakannya, saya minta yang bersangkutan segera dipindahkan,” tegasnya.

 

(Yudi Paputungan)

 

Komentar