Tahlis Gallang Paparkan Hasil Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah di Rakor Sulut

BNews, BOLMONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Galang, menghadiri rapat koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kabupaten/Kota dan Lintas Sektor.

Kegiatan rakor tersebut dipusatkan di Aryaduta Hotel Manado, Senin 10 Oktober 2022.

Rakor tersebut secara resmi di buka Wakil Gubernur Sulut selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili Sekda Prov Sulut DR Praseno Hadi Ak MM.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, ikut melaporkan hasil kinerja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Tak hanya itu, hasil Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow serta strategi skenario dalam penanggulangan juga dipaparkan pada Rakor Sulut tersebut.

Menurut Tahlis Gallang, berbagai strategi atau pun skenario dalam penurunan angka Kemiskinan di Kabupaten Bolmong telah dilakukan. Bahkan, mengalami trend penurunan dari tahun ke tahunnya.

Namun, telah terjadi peningkatan pada tahun 2021 sebesar 0,31% dari tahun 2020.

Tahlis pun menilai, peningkatan ini akibat adanya Covid-19 yang melanda dua tahun terakhir di Indonesia, terlebih di Kabupaten Bolmong.

Pada prinsipnya, Kabupaten Bolmong pada capaiannya telah berhasil menurunkan angka Kemiskinan dan ini sesuai dengan target kinerja pemerintah daerah.

“Namun saya berharap, dalam penanggulangan Kemiskinan daerah ini perlu kita seriusi bersama pada dua bulan terakhir di tahun 2022 ini, serta perlu kita optimalkan pada pelaksanaan APBD tahun 2023 nanti,” tandas Tahlis.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dilakasanakan penandatanganan berita acara Penanggulangan Kemiskinan antara Kabupaten/Kota se Provinsi Sulut dan Lintas Sektor yang disaksikan oleh Sekda Prov Sulut DR Praseno Hadi Ak MM.

Selain itu, ikut didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut Ir Jenny Karouw MSi. (*)

Komentar