Bupati Minsel Ikuti Musrenbang Regional Sulawesi

BNews, MINSEL – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar didampingi Kepala Bappelitbangda, Brando Tampemawa, mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Sulawesi Tahun 2023.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024 itu, dilaksanakan di The Sentra Manado, Maumbi, Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, Kamis, (27/4/2023).

Dalam kegiatan ini Bupati menerima Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 Kabupaten terbaik 2 dengan inovasi Gerakan “Mari Jo Ba Tanam” meningkatnya produksi dan produktivitas tanaman perkebunan, tanaman pangan dan tanaman holtikultura.

Penghargaan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 93 Tahun 2023.

Selain itu juga, dilaksanakan penandatangan Berita Acara Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2023 oleh para Gubernur atau yang mewakili dan pembacaan deklarasi Kepala Daerah Regional Sulawesi, untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Serta penandatangan berita acara Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2024 oleh Bupati dan Walikota se-Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O E Kandouw mewakili Gubernur Sulawesi Utara.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan kegiatan pengendalian perencanaan pembangunan daerah, melalui evaluasi kreatif dan komprehensif terhadap pembangunan daerah untuk tingkat provinsi, kabupaten, dan kota setiap tahun.

Pemerintah memberikan apresiasi kepada provinsi, kabupaten, dan kota yang berhasil dengan baik dalam perencanaan, pencapaian pelaksanaan, dan inovasi pembangunan.

Kegiatan PPD ini sebelumnya dikenal dengan nama Anugerah Pangripta Nusantara (APN), yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011. Mulai tahun 2018.

APN berubah nama menjadi PPD yang penilaiannya tidak hanya pada aspek perencanaan, namun juga meliputi pencapaian pelaksanaan pembangunan.

Kegiatan PPD dikoordinasikan oleh Kedeputian Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas.

Pada Kesempatan tersebut Bupati Minsel Franky Donny Wongkar menyebut pencapaian dan prestasi ini merupakan hasil kerja kita bersama dengan kerja team yang solid tentunya.

“Harapannya untuk kedepan harus ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Direktur Sumber Daya Air Kementerian PPN/BAPPENAS, Gubernur se-Sulawesi atau yang mewakili, Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Bupati/Walikota se-Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Beppeda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi, Kepala Instansi Vertikal se-Provinsi Sulawesi Utara.

Reporter: Jendry Paendong

Komentar