Pelatihan LPMD 2019, Tahlis: Budaya Moposad Kembali Ditingkatkan

BolmongNews.com, Bolmong–Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Tahlis Gallang membuka kegiatan pelatihan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmong, Senin (1/4).

Dalam sambutannya Tahlis meminta kepada LPMD yang ada di Bolmong untuk lebih meningkatkan lagi pemberdayaan pada masyarakat desa.

“Banyak hal yang harus dibangkitkan oleh LPM di Desa masing masing, salah satunya yang tidak boleh hilang karena perkembangan zaman ialah budaya Moposad atau gotong royong. Dahulu, budaya lokal ini sangat kental di Bolmong. Namun saat ini budaya positif seperti ini yang ditinggalkan orang tua terdahulu perlahan sudah mulai hilang. Nah, ini yang harus menjadi perhatian lembaga ini,” harap Sekda.

Sementara itu, Kadis PMD Bolmong, Ahmad Yani Damopolii mengatakan kegiatan pelatihan yang dilakukan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada LPMD agar mengetahui tugas, pokok dan fungsinya dalam membantu pemerintah desa dalam pembangunan di desa.

“Kegiatan ini, dari 15 Kecamatan diikuti oleh depalan Kecamatan yang ada di Bolmong. Enam Kecamatan lainnya telah mengikuti kegiatan tersebut ditahun lalu,” pungkasnya. (Viko)

Komentar