LPMP Lepas Tanggung Jawab, GSI Bolmong Dibiarkan

BOLMONGNEWS.COM, Bolmong–Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Sulawesi Utara (Sulut), kembali menegaskan tidak memiliki dana akomodasi dan perlengkapan pemain Gala Siswa Indonesia (GSI) selama pemusatan latihan sebelum keberangkatan tim ke Jakarta 30 September mendatang.

Hal ini terungkap setelah adanya pertemuan Pelatih Kepala GSI dengan Perwakilan LPMP di Manado, Selasa (10/11).

Koordinator GSI Bolaang Mongondow (Bolmong) Subagio Manggopa, menuturkan sudah dua tahun ini LPMP tidak menyediakan dana untuk persiapan pusat pelatihan Tim GSI. “Tahun lalu juga, Bolmong yang menanggulangi dananya.” ujar Manggopa dengan nada kecewa.

Mulai dari konsumsi, lanjut Manggopa, kostum latihan, bola dan penginapan semua ditanggulangi oleh Bolmong. Harusnya, menurut dia kegiatan tahun lalu dievaluasi agar kegiatan tersebut tidak selalu membebankan Kabupaten. “Kita kan bawa nama Sulut bukan Bolmong. Masa kostum tim saja, hanya satu set yang mereka tanggulangi, sisanya disuruh tanggulangi kita” beber Manggopa

Sementara itu, Kabid Dikdas Rivai Mokoagow saat dihubungi, mengatakan, Disdik Bolmong akan tetap mengupayakan akomodasi dan perlengkapan pemain selama pemusatan latihan agar para pemain bisa konsentrasi berlatih. “Makan dan sebagainya akan dimintakan bantuan dari berbagai pihak.” kata Rivai.

Namun, disisi lain dia juga berharap, agar LPMP harus proaktif. Pasalnya, GSI saat ini membawa nama Provinsi Sulut. Maka, harusnya sudah menjadi tanggungjawab Propinsi bukan lagi kabupaten. “Dana yang kita tata dalam RKA sudah digunakan pada tingkat kabupaten.” jelas Rivai.(Viko)

Komentar