IPM Meningkat, Angka Kemiskinan di Bolmong Menurun

BolmongNews.com, BolmongSlogan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Cerdas, Hebat dan Maju (CHM), yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu oleh Pemerintah Kabupaten Bolmong dibawah kepemipinan Yasti Soepredjo Mokoagow, bukan hanya sekedar isapan jempol belaka.

Terbukti, dalam rangka mengaplikasikan slogan tersebut, Pemkab Bolmong mulai menorehkan hasil yang positif dalam sejumlah program yang dilaksanakan.

Diantara  keberhasilan itu, salah satunya pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Dimana pada tahun 2016 IPM Kabupaten Bolmong sebesar 65, 73 persen mengalami kenaikan sebesar 0,35 persen menjadi 66, 08 persen pada tahun 2017 lalu.

Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, memaparkan pendidikan merupakan modal utama dalam pembangunan. Dimana pendidikan menjadi skala prioritas dalam program pemerintah daerah.

“Komponen IPM salah satunya adalah angka partisipasi pendidikan untuk tingkat SD dan SMP, yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ini menunjukan upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan pendidikan menunjukan hasil yang lebih baik,” kata Yasti, di sidang Paripurna istimewa dalam rangkat HUT Kabupaten Bolmong, Sabtu (23/3/2019).

Sedangkan untuk penduduk miskin setiap tahun mengalami penurunan. “Pada tahun2016 lalu penduduk miskin sebanyak 8,32 persen, pada tahun 2017 turun menjadi 8,02 persen dari jumlah penduduk, sehingga dari angka tersebut tingkat kemiskinan mengalami penurunan sebesar 0,32 persen,” ungkap Yasti.

“Demikian juga untuk membuka lapangan kerja masyarakat, Pemkab Bolmong bersama DPRD telah menghadirkan sejumlah investor yang menanamkan investasinya di  Kabupaten Bolmong,” tambah Yasti. (Viko/ewin)

 

Komentar