Gandeng OJK, 2.000 Rekening Pelajar Siap Dibuka BSG

BNews, BOLMONG – Tak main-main, Bank Sulut-Gorontalo (BSG) siap membuka kurang lebih 2.000 rekening bagi pelajar.

Bahkan, program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) ini turut mendapat dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), setelah membuka secara resmi sosialasis yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Lolak, Bolmong, Selasa 13 September 2022.

Program ini, pun BSG ikut menggandeng pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah Sulut-Gorontalo dan Maluku Utara (Malut) yang disosialisasikan kepada ratusan siswa pelajar SD dan SMP.

Dalam kesempatan itu, Direktur Operasional BSG Louisa Parengkuan mengatakan, progam KEJAR ini merupakan bentuk aksi Indonesia menabung, dalam rangka menumbuhkan budaya menabung sejak dini.

Bahkan, progrma KEJAR BSG tahun 2022 ini, telah tercantum pada peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Selain itu, telah dituangkan melalui Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara Nomor : 580/22.4229/Sekr-Ro.Ekon tentang program Satu Rekening Satu Pelajar.

Loisa menjelaskan, inklusi keuangan adalah sebuah kondisi yang dimana setiap anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar dan aman, dengan biaya terjangkau, sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Sehingga, lanjut Loisa, pengenalan dan pemahaman inilah bakal menjadi pintu masuk ke tahapan berikutnya yaitu literasi keuangan bagi kalangan pelajar`

Loisa menyebutkan, Kabupaten Bolmong sendiri, bakal ditargetkan kurang lebih 2.000 pelajar mulai dari SD dan SMP untuk segera memiliki rekening.

“Tabungan simpanan pelajar ini, nantinya akan dibuka untuk 2.000 pelajar se Bolmong,” sebutnya.

Selanjutnya, Kepala BSG Cabang Lolak David Yunus menambahkan, berharap sosialisasi ini dapat mewujudkan sinergitas yang baik antara Pemkab Bolmong dan BSG.

Menurutnya, sinergitas yang bisa terbangun ini, nantinya dapat membantu meningkatkan inklusi keuangan.

“Saya berharap usai sosialisasi ini, kedepannya para pelajar semakin sadar pentingnya menabung dan akan menjadi kebiasaan hingga tua nati, karena, menabung membantu memulihkan perekonomian bangsa,” harap David.

“Semoga juga, kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta, terutama untuk para pelajar di Kabupaten Bolmong,” sambung David.

Dukungan Pemkab Bolmong ini, pun diungkapkan Penjabat Bupati Limi Mokodompit.

Melalui Asisten II Zainudin Paputungan, program KEJAR BSG ini, tentu sangat positif terhadap para pelajar.

Apalagi, program ini KEJAR BSG untuk mendorong setiap pelajar gemar menabung sejak dini mungkin. Seperti yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo.

Penjabat Bupati berharap, agar pihak BSG dapat mempermudah pembukaan rekening tabungan bagi pelajar di Kabupaten Bolmong

“Pak Bupati berpesan, agar pihak BSG terutama Cabang Lolak, dapat membantu pelajar kita untuk membuka rekening,” ucap Zainudin Paputungan.

“Dan untuk adik-adik pelajar di Kabupaten Bolmong, untuk bisa gemar menabung sejak sekarang. Karena dengan menabung akan membawa manfaat yang positif dikemudian hari,” sambung Asisten II Zainudin Paputungan.

Kegiatan sosialisasi itu, ikut hadiri Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renty Mokoginta, OJK wilayah Sulut-Gorontalo dan Malut, para Kepala Sekolah, Guruh, serta orang tua wali murid.

Reporter: Wahyudy Paputungan.

Komentar