Dua Camat Door to Door Ajak Warga Ikut Program Vaksinasi

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terus melakukan berbagai inovasi, agar vaksinasi covid-19 semakin masif diterima masyarakat.

Bahkan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow sendiri, gencar dengan menurunkan para Camat agar turun ke tiap desa melalui program door to door.

Seperti upaya yang dilakukan Camat Lolayan dan Camat Bolaang, bersama kepala desa setempat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Linmas ikut serta mensosialisasikan serta mengajak untuk bisa ikut vaksinasi covid-19.

Camat Lolayan Rivai Mokoagow mengungkapkan, hal ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan imbauan kepada warga, agar dapat mengikuti program vaksinasi covid-19 dari pemerintah.

Menurutnya, ini dilakukan dengan tujuan, agar semua kelompok sasaran dapat menerima vaksin.

“Alhamdulillah, langkah ini terbukti ampuh dengan meningkatnya target yang semula hanya puluhan, setelah kita datangi capaian vaksinasi meningkat hingga 200 orang,” ujar Rivai.

“Dan rata-rata mengikuti vaksinasi dosis tahap pertama,” sambungnya.

Pada prinsipnya, pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kecamatan Lolayan terus dilakukan.

Terpisah, Camat Bolaang Harry Damopolii juga melakukan hal yang sama. Sejumlah desa yang ada di wilayahnya terus didatangi untuk vaksinasi.

Harry membeberkan, system door to door ini mengandeng semua stakholder yang ada di Kecamatan Bolaang.

“Mulai dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Sangadi, hingga perangkat desa,” terangnya.

“Bahkan, Kapolsek Bolaang ikut turun naik turun rumah untuk mengajak warga datang melakukan vaksinasi,” sambung Harry.

Ia menjelaskan, adapun wilayah yang dikunjungi di tia desa, dimana  jumlah wajib vaksin masih terbilang rendah.

Sebelumnya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow menegaskan, tiap Camat yang ada di Kabupaten Bolmong, untuk  terus mensosialisasikan terkait vaksinasi covid-19, dengan melalui door to door atau jemput bola.

Menurut Bupati door to door ini, tidak lain akan memberikan kemudahan bagi warga.

Disamping itu, metode ini akan mampu meningkatkan partisipasi vaksinasi karena dapat menjangkau keluarga yang belum mempunyai akses vaksin.

“Semoga segala upaya dan ikhtiar yang dilakukan akan segera dapat membentuk target herd immunity untuk Indonesia, khususnya di Kabupaten Bolmong,” harap Bupati Yasti.

Bupati Yasti juga meminta, di masa pandemi yang masih terus berlangsung, untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan.

“Warga yang sudah di vaksin, untuk jangan lengah protokol kesehatan (prokes). Tetap 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas,” pungkasnya.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar