BPBD Bolmong Sebut 13 Desa Terdampak Banjir, Ini Dia Daftar Terbarunya

BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mencatat, ada 13 desa yang tersebar di 3 Kecamatan wilayah Bolmong yang terdampak akibat banjir bandang dan longsor, pada Rabu (22/9).

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 20.00 wita. Namun, pasca banjir, wilayah terdampak tersebut, telah menyisakan material lumpur dan bebatuan, yang mengakibatkan kerusakan ringan hingga berat, rumah warga.

Adapun data yang berhasil dihimpun Bolmong.news, dalam rilis resmi BPBD Bolmong Sabtu (25/09), diantaranya 3 Kecamatan terdampak yakni, Sangtombolang, Lolak dan Passi Timur.

“Untuk wilayah yang paling banyak terdampak  berada di Kecamatan Sangtombolang dan Lolak,” kata Kepala BPBD Bolmong Sahril Mokoagow.

Ia menyebutkan, untuk Kecamatan Sangtombolang diantaranya Desa Batu Merah, Desa Bolangat, Desa Bolangat Timur, Desa Cempaka, Desa Lolanan, dan Desa Domisil.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Lolak diantaranya Desa Buntalo, Desa Buntalo Selatan, Desa Sauk, Desa Batu Rapa, dan Desa Bumbung.

Sedangkan untuk Kecamatan Passi Timur adalah Desa Sinsingon.

“Ini masih data sementara hasil assessment, saat ini kita masih menunggu lagi data terbaru,” ujar Sahril.

Lanjut Sahril, saat ini kebutuhan mendesak yang dilakukan pihaknya di lokasi banjir terparah di Desa Batu Merah diturunkan alat berat berupa Excavator, Light tower dan penerangan malam hari, perlengkapan tidur, perlengkapan sekolah, serta makanan siap saji.

 

(Yudi Paputungan)

Data sementara hasil assessment TRC BPBD Bolmong :

  1. Kecamatan Sangtombolang :

-Desa Batu Merah, Bencana Banjir Bandang, adapun kerusakan materil yakni rumah warga diantarnya, rusak berat ada 5 unit, rusak sedang 3 unit, rusak ringan  5 unit.

*Jumlah rumah terdampak mencapai = 65 unit.

*Jumlah KK = 92 KK

*Jumlah jiwa  = 267

*Jumlah KK yang masih mengungsi di rumah keluarga terdekat ada 8 KK dan 21 jiwa

*Jumlah keseluruhan rumah warga = 78 unit

* Untuk fasilitas umum diantaranya: Gedung sekolah TK, SD, SLTP, RDG, Gereja.

  1. Desa Cempaka Kecamatan Sangtombolang: ada 17 unit rumah, 17 KK, 60 jiwa yang terdampak banjir akibat luapan air sungai.
  2. Desa Bolangat Kecamatan Sangtombolang: 189 unit rumah, 189 KK, 716 jiwa yang terdampak banjir akibat luapan air sungai.
  3. Desa Bolangat Timur Kecamatan Sangtombolang: 1 unit rumah rusak ringan (akibat tanah longsor), 21 unit rumah terdampak banjir akibat luapan air sungai, 22 KK dan 84 jiwa.
  4. Desa Lolan Kecamatan Sangtombolang: 11 unit rumah, 11 KK, 42 jiwa yang Terdampak banjir akibat luapan air sungai.
  5. Desa Domisil Kecamatan Sangtombolang: 6 unit rumah, 6 KK, 22 jiwa yang terdampak akibat luapan air sungai.
  6. Desa Buntalo Kecamatan Lolak: 76 unit rumah, 76 KK, 245 jiwa yang terdampak banjir akibat luapan air sungai.
  7. 9. Desa Buntalo Selatan Kecamatan Lolak: 172 unit rumah, 186 KK, 659 jiwa yang terdampak banjir akibat luapan air sungai.
  8. Desa Sauk Kecamatan Lolak: 55 unit rumah, 64 KK, 224 jiwa yang terdampak banjir akibat luapan air sungai.
  9. Desa Batu Rapa Kecamatan Lolak: 17 unit rumah, 17 KK, 36 jiwa yang terdampak akibat luapan air sungai.
  10. Desa Bumbung Kecamatan Lolak: 10 unit rumah, 10 KK, 35 jiwa yang akibat terdampak akibat luapan air sungai.
  11. Desa Sinsingon Timur Kecamatan Passi Timur: Jalan yang hubungkan desa Sinsingon dan Desa Mobuya tertutup material tanah, kayu dan bebatuan akibat banjir yang disertai dengan lumpur sehingga belum bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. Tidak ada rumah penduduk yang terdampak akibat kejadian ini.

*Sumber BPBD Bolmong*

Komentar